Suasana meriah pada acara Unikama Bersholawat. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Suasana meriah pada acara Unikama Bersholawat. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar kegiatan rutin tahunan bertajuk Unikama Bersalawat dengan mengusung tema Silaturahmi Kebangsaan, Senin (15/7/2019) malam. Unikama Bersalawat merupakan rangkaian Dies Natalis Ke-44 Unikama.

Soedja'i, ketua Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia (PPLP PT PGRI Malang ) yang mengelola Unikama, mengungkapkan, kegiatan Unikama Bersalawat bukanlah sebuah kegiatan baru di lingkungan Unikama.

"Acara Unikama Bersalawat tidak berarti baru sekarang ini diadakan. Tapi sebenarnya, kegiatan Unikama Bersalawat yang diselenggarakan Unikama sudah lama digelar bersama dengan komunitas yang berada di sekitar kami," ungkapnya.

Baca Juga : Ungkapan Mahasiswa Asing UIN Malang yang Terisolasi di Kampus

Dalam setiap kegiatan Dies Natalis Unikama, kegiatan Unikama Bersalawat selalu disisipi. Maksud dan tujuannya sendiri tentunya dalam rangka mempererat persaudaraan dengan semua elemen.

Sementara, Rektor Unikama Pieter Sahertian juga mengungkapkan hal yang senada dengan Soedja'i. Menurut dia, tema Silaturahmi Kebangsaan dalam Unikama Bersalawat sengaja diambil karena memang saat ini sedang menjadi suatu bahasan atau isu hangat.

Dalam skala nasional, isu kebangsaan sedang menjadi salah satu cobaan yang tengah dihadapi oleh bangsa yang kaya akan keberagaman ini. Karena itu, Unikama sebagai kampus multikultural dengan banyak suku dan latar belakang mahasiswa entunya harus tetap mewujudkan persatuan atau nilai kebangsaan dengan persatuan. Salah satunya  dengan menggelar suatu kegiatan Unikama Bersalawat.

"Kami terus mengupayakan supaya nuansa multikultur, nuansa kebangsaan itu menjadi ciri khas Unikama. Sehingga dari situ tercipta suasana kebersamaan persatuan. Dan justru dengan persatuan itulah, maka seluruh civitas akademika dapat bergandengan tangan membangun bangsa ini untuk mewujudkan cita-cita luhur," beber Pieter.

Dia juga mengajak warga Malang Raya untuk bersama-sama terus memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar keselamatan, kesejahteraan, serta kedamaian tercipta di wilayah Malang Raya,  teristimewa di lingkungan Unikama.