Layanan Online Single Submission (OSS) di DPMPTSP Kabupaten Malang (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Layanan Online Single Submission (OSS) di DPMPTSP Kabupaten Malang (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Revolusi layanan izin melalui online sudah diterapkan dihampir seluruh wilayah Indonesia, tanpa kecuali Kabupaten Malang. 

Melalui layanan online single submission (OSS), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang tetap memberikan pendampingan.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Malang, Irianto menyampaikan, OSS pada dasarnya merupakan layanan mengurus izin secara mandiri. 

Di mana masyarakat maupun para calon pengusaha yang hendak mendirikan usaha dapat langsung mengurusnya kapan pun dan dimana pun.

"Tapi bagi yang masih merasa kesulitan tentang bagaiaman cara mengaksesnya, DPMPTSP Kabupaten Malang siap memberi pendampingan," katanya pada MalangTIMES, Senin (15/7/2019).

Pria ramah itu menjelaskan, layanan pendampingan OSS dapat diakses di kantor DPMPTSP Kabupaten Malang yang berada di kompleks perkantoran terpadu di depan Stadion Kanjuruhan Malang. Petugas dapat memberi pendampingan selama jam kerja.

"Dibukanya dari jam 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB," terangnya.

Melihat jumlah mengurus melalui OSS yang terus bertambah, menurutnya antusias masyarakat dan calon pengusaha sangat tinggi. 

Selama ini, DPMPTSP juga rutin melakukan sosialisasi dari berbagai tataran.

"Sosialisasi sudah dilakukan sejak tahun lalu. Salah satunya menyasar camat karena camat memang memiliki kedekatan untuk menyosialisasikan ke masyarakat," imbuhnya.

Lebih jauh dia menyampaikan agar investor yang usai mengurus OSS dan mendapat Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk mengurus komitmen.

Karena berkas komitmen menjadi satu kewajiban yang harus dipenuhi pengusaha.

"Komitmen itu selanjutnya dimasukkan pengusaha melalui OSS," pungkasnya.