Area Punden Ngemplak, Desa Beji, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Area Punden Ngemplak, Desa Beji, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Banyak orang beranggapan jika punden (tempat terdapatnya makam orang yang dianggap sebagai cikal bakal masyarakat desa) merupakan tempat mistis. Namun rupanya Desa Beji Kecamatan Junrejo ingin menghilangkan anggapan tersebut dengan membuatnya menjadi wisata punden.

Ya rencananya pemerintah Desa Beji akan memberikan sentuhan berbeda di area Punden Ngemplak menjadi lebih menarik untuk dikunjungi. “Kami akan membuat punden wisata, agar menjadi daya tarik pengunjung,” kata penjabat sementara (pj) Kepala Desa Beji, Yoga Yogaspatra.

Ia menambahkan rencananya di punden itu akan dibuat sebuah taman ramah anak. Ya karena di punden tersebut sudah banyak pohon yang rimbun sehingga cocok dijadikan taman. 

“Apalagi memang lokasinya punden ini berada tepat di belakang tempat wisata Jatim Park 3,” ucapnya, Senin (15/7/2019). 

Selain taman ramah anak, di sana juga akan dibangun sebuah kolam renang. Yang nantinya jika pengunjung ingin ke sana akan ditiketkan. 

“Nanti menggandeng Corporate Social Responsibility (CSR) tetapi wisata ini akan dikelola sendiri oleh warga sekitar,” tambah pria yang juga Lurah Ngaglik ini. 

Menurutnya tidak hanya ada taman ramah anak, kolam renang, tetapi juga ada pujasera. Kedepan dalam pujasera itu masyarakat sekitar yang akan berjualan.

“Ini juga sekaligus untuk menumbuhkan perekonomian warga di Desa Beji ini,” imbuhnya. Rencananya wacana itu akan masuk dalam Perubahan Anggaran Keuangan tahun 2019 ini.

Anggaran yang digunakan pun dari Anggaran Dana Desa (ADD). Edwin menjelaskan, adanya wisata punden ini, juga untuk mengubah image masyarakat bahwa tempat tersebut tidak angker.

“Sekaligus untuk mendekatkan masyarakat, dan ikut melestarikan budaya yang ada di masyarakat,” tutupnya.