MALANGTIMES - Universitas Brawijaya (UB) Malang tercatat sebagai universitas dengan peminat terbanyak se-Indonesia. Untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) saja, peminat UB mencapai 55.871 orang.

UB sendiri menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB).

Kuota yang ditetapkan masing-masing adalah 30 persen untuk jalur SNMPTN, 40 persen untuk SBMPTN, dan 30 persen untuk seleksi mandiri. Total mahasiswa yang diterima melalui tiga jalur tersebut sebanyak 13.215 mahasiswa baru.

Tentu, banyaknya mahasiswa baru yang menyerbu Kota Pendidikan ini menjadi salah satu penyebab kemacetan di Kota Malang. Menyadari hal ini, Rektor Universitas Brawijaya Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR MS menyatakan permintaan maaf.

"Saya mohon maaf kepada masyarakat Malang yang membuat kemacetan di Malang," ucapnya saat ditemui di gedung Rektorat UB, Senin (15 Juli 2019).

Kendati demikian, Nuhfil mengungkapkan bahwa hal ini menunjukkan bahwa UB merupakan kebanggaan kota Malang. "Kampus ini kan kebanggaan kita semua. Bukan hanya kebanggaan warga Malang, bukan hanya kebanggaan warga Jawa Timur, tapi kebanggaan Indonesia. Buktinya UB adalah kampus sementara ini yang paling diminati SNMPTN maupun SBMPTN," lanjutnya.

Hari ini, Senin (15 Juli 2019), sebanyak 13.073 peserta mengikuti seleksi jalur mandiri. Dari pantauan MalangTIMES, lantaran adanya seleksi jalur mandiri tersebut, pagi ini jalanan di sekitar UB macet.

Kemacetan ini mengular dari Jalan Veteran di depan SMAN 8 Malang hingga ke dalam UB. Di media sosial Twitter, kemacetan ini juga diinformasikan oleh warga Malang.

"Suhat arah Mt.haryono, Mt.Haryono arah Dinoyo, Sumbersari arah Veteran macet euy.. Suhat-Sumbersari 35menitan naek motor," tulis @cuppwulan.

"Sepanjang jalan Veteran macet parah, ujung kemacetan ternyata penumpukan kendaraan yang masuk ke arah UB. Begitu juga dari UIN jalan sumbersari arah veteran juga macet parah. Disarankan mencari alternatif jalan lain jika terburu," tulis @AdiPradanaPeWe.

"Veteran arah ke sumbersari macet parahhh, ada test masuk UB. Kalo mau anter ke UB, kendaraan bisa masuk, jangan mepet2 didalamnya juga macet.  Btw bubaran jam 10an pasti nanti macet juga :) yang suabaaarrr," tulis @niken_paramita.