Tak Ingin Hanya Unggul dalam Bidang Pertanian, Kota Batu Juga Pacu Sektor Perikanan

MALANGTIMES - Kota Batu tidak hanya unggul di sektor pertanian, kini mulai merambah pada bidang perikanan. Kini ada dua jenis ikan yang dijadikan unggulan di Kota Batu.

Dua unggulan ikan yakni ikan lele dan ikan nila. Dalam satu bulan, hasil produksi untuk ikan lele itu hingga 2.300 kilogram dan ikan nila 2.000 kilogram. 

“Permintaan kedua ikan ini cukup tinggi, sehingga sangat berpotensi terus dikembangkan. Ada juga ikan mas, tapi yang paling potensi dua jenis itu,” kata Sekretaris Dinas Pertanian Kota Batu, Hendri Suseno.

Padahal permintaan yang cukup tinggi itu datang dari area Malang Raya. Karena itu, setiap tahunnya memberikan bantuan kepada peternak di Kota Batu. 

“Setiap tahunnya kami memberikan bantuan, untuk tahun ini Pemkot Batu memberikan bantuan bibit ikan,” imbuhnya. 

Bantuan bibit ikan lele itu diberikan kepada 6 kelompok, dan bibit ikan nila itu diberikan kepada 7 kelompok. Masing-masing kelompok mendapatkan 25 ribu bibit ikan. 

Dengan demikian Pemkot Batu memberikan 325 ribu bibit ikan. 

Tidak hanya bibit ikan, tetapi juga diberi bantuan berupa perlengkapan kolam. 

“Perlengkapan yang kami berikan itu seperti terpal. Terpal ini digunakan untuk membuat kolam terpal. Lalu hiblow, seser basket, tapi ya menyesuaikan kebutuhan dari kolam," tambah Hendri.

Sedang di Kota Batu ini ada  sekitar 220 rumah tangga perikanan yang tergabung dalam kelompok tani. 

Untuk kolam terpal ikan lele ada di Desa Oro-oro Ombo 6 petak yang dikelola Kelompok Tani Panderman.

Top