Lokasi TPU Kasin yang juga nampak mulai padat (Doc MalangTIMES)
Lokasi TPU Kasin yang juga nampak mulai padat (Doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kekurangan makam, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana membeli lahan baru. Perencanaan kajian bagi lahan makam itu pun akan segera dilakukan. Karena kebutuhan lahan makam saat ini dinilai menjadi salah satu kebutuhan yang paling mendesak.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto menjelaskan, dari total lahan pemakaman umum yang dimiliki, saat ini hampir seluruhnya sudah penuh. Sehingga harus ada alternatif baru untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Karena meskipun saat ini perumahan sudah menyediakan lahan makam, tapi jumlahnya terbatas.

"Sekarang memang sangat mendesak kebutuhannya. Kalau di perumahan hanya dikhususkan warga perumahan. Sedangkan pemakaman umum kita semakin kecil luasannya," terangnya.

Rencananya, pembelian lahan baru itu akan dicari di kawasan timur Kota Malang. Namun dia belum dapat memastikan lokasi pastinya. Karena harus dilakukan kajian lebih mendalam dan tidak bertentangan dengan tata ruang yang sudah diatur sebelumnya.

"Ini nanti juga dwi fungsi. Selain untuk perluasan area makam juga untuk ruang terbuka hijau (RTH)," imbuh Wasto.

Saat ini, beberapa pemakaman umum di Kota Malang yang masih bisa digunakan diantaranya seperti Pemakaman Kuto Bedah, Samaan, hingga Kasin. Luas lahannya pun sudah semakin menipis dan beberapa kali telah dilakukan perluasan. Sehingga Pemkot Malang menilai untuk dilakukan kajian pembelian lahan baru.

"Saya lupa berapa luasannya, tapi saat ini kebutuhan sangat mendesak," jelasnya.