Museum Panji yang berada di Tumpang, Kabupaten Malang akan menjadi bagian dalam pra-acara Festival Panji Nusantara. (Foto: Pipit Anggraeni/MalangTIMES)

Museum Panji yang berada di Tumpang, Kabupaten Malang akan menjadi bagian dalam pra-acara Festival Panji Nusantara. (Foto: Pipit Anggraeni/MalangTIMES)



MALANGTIMES - Kota Malang akan menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Festival Panji Nusantara 2019. 

Meski demikian, pra-acara kegiatan yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur itu bakal berlangsung di sejumlah lokasi di Malang Raya. 

Salah satunya di Museum Panji, Tumpang, Kabupaten Malang. 

Pendiri Museum Panji, Dwi Cahyono mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Festival Panji Nusantara diharapkan mampu memacu tingkat kunjungan wisata. 

Terutama bagi wisatawan dengan minat khusus seni, budaya, dan sejarah. 

"Festival-festival semacam ini, jika diselenggarakan secara kontinyu  dan terjadwal, justru bisa menarik minat wisatawan dengan minat khusus. Tidak terbatas wisatawan nusantara (winus) melainkan juga wisatawan mancanegara (wisman) yang masih sangat haus akan pengalaman bersentuhan langsung dengan budaya yang autentik," paparnya.

Festival Panji Nusantara 2019 sendiri bakal berlangsung pada 9-12 Juli 2019 mendatang. 

Acara bertajuk ‘Transformasi Budaya Panji’ tersebut merupakan kerja sama Disbudpar Provinsi Jatim, Kemendikbud RI dan pemerintah kota/kabupaten yang menjadi tuan rumah. 

Nantinya, ada beberapa rangkaian acara yang diadakan di Museum Panji. Di antaranya Pameran Budaya Visual Panji, kunjungan ke Museum Panji dan lain-lain.

Dwi Cahyono menambahkan, menjelang puncak acara tersebut, pihaknya sudah melakukan persiapan. 

"Acara ini memang sudah dikonsep oleh pihak kementrian. Namun, kami juga memiliki kepanitiaan sendiri yang sudah disiapkan sejak jauh hari," terangnya. 

Terbuka untuk umum, masyarakat juga bisa datang ke Museum Panji untuk sekadar berkeliling maupun belajar budaya. 

"Kami siap memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap budaya dan kesenian," tambahnya. 

Museum tersebut memiliki banyak koleksi terkait budaya Panji yang tersebar di wilayah Asia Tenggara dan sekitarnya. 

"Museum Panji ini menampilkan kisah Panji yang legendaris. Kalau di India ada Mahabarata, di Indonesia ada Panji," sebut pria yang juga Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) BPC Kota Malang ini. 

Selain di Malang, Festival Panji Nusantara 2019 juga diselenggarakan di Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Kediri.

Khusus di Kota Malang, Pemerintah Kota Malang juga menyelenggarakan beberapa lomba yaitu: lomba mewarna, menggambar, vlog, workshop komik, dan sinau sejarah dengan tema Panji di Museum Mpu Purwa. 

Rencananya, Festival Panji Internasional akan diselenggarakan setiap 3 (tiga) tahun sekali, diselingi Festival Panji Nusantara yang diadakan setiap tahun. 

Dalam Festival Panji Nusantara 2019 ini juga menampilkan potensi kesenian dari berbagai kota di Jatim, antara lain dari Bojonegoro, Ponorogo dan Tuban.

End of content

No more pages to load