Wahyu Hidayat, kepala DPKPCK Kabupaten Malang (kiri), dalam suatu acara. (dok MalangTIMES)
Wahyu Hidayat, kepala DPKPCK Kabupaten Malang (kiri), dalam suatu acara. (dok MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang tahun ini mengajukan dua proyek di bawah kewenangannya untuk didampingi kembali Tim Pengawal Pengaman Pemerintah Daerah (TP4D) yang berasal dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepanjen.

Baca Juga : Ahmad Riza Patria Resmi Dilantik Wakil Gubernur Jakarta, Kerja Mulai Besok

Dua proyek dengan nilai miliaran rupiah ini berupa pembangunan lanjutan Pasar Sumedang (Rp 13 miliar) dan pembangunan gedung tambahan di Kantor Kejari Kepanjen dengan nominal Rp 3,5 miliar.

Hal ini dibenarkan oleh Wahyu Hidayat, kepala DPKPCK Kabupaten Malang, Jumat (05/07/2019) kepada MalangTIMES. "Tahun ini ada dua proyek yang kita mohonkan untuk didampingi kembali TP4D. Ini agar proses pembangunan terkawal baik dan kami  juga bisa fokus melakukan pembangunan," ucap mantan kepala Dinas Pengairan Kabupaten Malang itu.

Pembangunan Pasar Sumedang merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya. DPKPCK Kabupaten Malang memiliki target pasar bisa selesai di akhir tahun 2019.

Sedangkan proyek pembangunan gedung tambahan Kejari Kepanjen merupakan hasil analisis DPKPCK terkait perkantoran di Kabupaten Malang. Menurut Wahyu, gedung kejaksaan sudah tidak lagi optimal. "Terakhir kami lakukan revitalisasi gedung kejari ini tahun 2011 lalu. Jadi, sudah sangat lama sekali dehingga ini menjadi pertimbangan kami merencanakan pembangunan," ungkapnya.

Rencananya, pembangunan gedung kejari akan dilakukan di belakang gedung utama saat ini. Nantinya gedung tambahan itu diperuntukkan untuk dua ruang seksi serta ruang pertemuan.

Hasil pembangunan Rusunawa ASN yang dikawal TP4D (Nana)

"Untuk dua proyek yang kami mohonkan didampingi TP4D ini sedang kami proses untuk lelangnya. Dimungkinkan, sekitar 1,5 bulan ke depan sudah selesai proses lelangnya semua," ujar Wahyu.

Baca Juga : Target Agustus, Mal Pelayanan Publik Kota Malang Dimungkinkan Molor

Wahyu juga menarget untuk dua proyek miliaran rupiah ini bisa terselesaikan  akhir tahun 2019 ini. "Target kami seperti itu semoga bisa terealisasi. Dengan adanya pendampingan TP4D, kami optimistis pembangunan berjalan baik dan sesuai aturan," imbuhnya.

Pelibatan TP4D dalam proyek di bawah DPKPCK Kabupaten Malang bukan hanya tahun 2019 ini saja. Sejak tahun 2018 lalu, dinas di bawah komando Wahyu Hidayat ini juga telah menggandengnya. Yakni dalam pembangunan Pasar Sumedang yang kini dilanjutkan sebagai tahap akhir serta pembangunan rusunawa ASN di block office Kepanjen.

"Jadi, memang kami mohonkan untuk pelibatan TP4D dalam proyek-proyek strategis. Ini agar seluruh pihak dalam pembangunan bisa fokus membangun sesuai tugasnya," pungkas Wahyu.