Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kuatkan Olahraga Tradisional dan Rekreasi, Plt Bupati Malang : Kita Dukung

Penulis : Dede Nana - Editor : Heryanto

04 - Jul - 2019, 19:16

Olahraga tradisional yang didukung penuh oleh Plt Bupati Malang Sanusi untuk terus dikembangkan (dok MalangTIMES)
Olahraga tradisional yang didukung penuh oleh Plt Bupati Malang Sanusi untuk terus dikembangkan (dok MalangTIMES)

MALANGTIMES - Di tengah gempuran permainan dari gadget melalui jaringan internet, permainan tradisional yang zaman dulu menjadi keseharian anak-anak, semakin jarang terlihat kalau tidak dikatakan menghilang.

Kondisi tersebut satu sisi membuat permainan yang merangsang anak-anak aktif bergerak, sehingga juga bisa dikatakan olahraga, semakin ditinggalkan dan dilupakan generasi saat ini. 

Misalnya, permainan egrang, kelompen panjang dan lainnya.

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

Padahal, selain menjadi bentuk olahraga, permainan tradisional juga memiliki nilai-nilai luhur bagi pembentukan karakter anak-anak. 

Kerja tim, sportivitas, kebersamaan, serta tentunya membuat kegembiraan.

Hal inilah yang membuat Plt Bupati Malang Sanusi terlihat antusias saat pengurus Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Malang, mengunjungi dan meminta dukungannya untuk mengembangkan dan memasifkan olahraga tradisional dan olahraga berbasis rekreasi atau wisata.

"Tentunya saya antusias dengan kedatangan mereka. Karena memang di era saat ini olahraga tradisional perlu untuk kita dukung keberadaannya. Khususnya di tingkat anak-anak. Kalau ini dikembangkan dimungkinkan bisa saja jadi prestasi. Selain sebagai olahraga rekreasi," kata Sanusi, beberapa waktu lalu.

Dirinya mendukung penuh apa yang disampaikan pengurus FORMI Kabupaten Malang, terkait hal tersebut. 

Bahkan, politikus dari PKB ini mengatakan, walau saat ini era teknologi, permainan tradisional masih dimainkan dalam berbagai acara.

"Permainan atau olahraga tradisional masih kuat di sini. Anak-anak masih banyak yang memainkannya. Jadi kalau kita dukung secara berkelanjutan, misal dalam acara-acara pemerintahan, akan semakin baik," ujarnya sambil mencontohkan lomba olahraga tradisional yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, beberapa waktu lalu.

Selain mendukung usulan dan program FORMI untuk mengembangkan olahraga tradisional, Sanusi juga mengamini agar masyarakat memperbanyak olahraga rekreasi atau wisata. 

Hal ini bahkan akan semakin memperkuat sektor pariwisata di Kabupaten Malang yang terus meningkat keberadaan dan semangatnya di berbagai wilayah perdesaan.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Olahraga rekreasi atau wisata, seperti arung jeram, bersepeda, serta lainnya, ucap Sanusi, bisa menambah kekuatan pariwisata. 

"Ini akan semakin melengkapi pariwisata kita. Sudah kita lakukan sebenarnya, seperti lomba lari, sepeda di wilayah pantai selatan," imbuhnya.

Terpisah, ketua harian Formi Kabupaten Malang, Atok Suyanto, menyampaikan, bahwa dukungan Plt Bupati Malang tentunya sangat berarti bagi bagi tumbuh kembangnya olahraga tradisional dan rekreasi yang jadi program mereka.

"Dukungan beliau tentunya sangat berarti bagi keberlangsungan olahraga yang kita naungi ini. Apalagi olahraga tradisional dan rekreasi ini sebenarnya sangat memasyarakat. Tinggal bagaimana kita mewadahi dan mengembangkannya. Jadi dukungan ini sangat berarti sekali," ujarnya. 

Bukan hanya mengincar prestasi, tapi dengan dimasifkannya olahraga tradisional dan rekreasi tersebut secara langsung juga mendukung gerakan masyarakat hidup sehat yang menjadi bagian dalam program pemerintah Kabupaten Malang selama ini.

"Jadi tujuannya ke sana, walaupun tidak menutup kemungkinan kalau terus dikembangkan akan jadi prestasi," ucap Atok yang menyebutkan, sampai saat ini Formi telah mewadahi beberapa olahraga tradisional dan rekreasi.

"Senam, jalan sehat dan jantung sehat sampai olahraga adventure di wilayah wisata. Misalnya arung jeram sampai wisata naik jeep. Kita juga mewadahi sepeda kuno sampai olahraga egrang dan kelompen panjang," pungkasnya.

 


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Olahraga-Tradisional-dan-Rekreasi Plt-Bupati-Malang sanusi Forum-Olahraga-Rekreasi-Masyarakat-Indonesia


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Heryanto