Suasana pra Penetapan perolehan kuris Partai Politik calon terpilih  anggota DPRD Kota Batu Pemilu tahun 2019, Kamis (4/7/2019) di Singhasari Resort. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Suasana pra Penetapan perolehan kuris Partai Politik calon terpilih anggota DPRD Kota Batu Pemilu tahun 2019, Kamis (4/7/2019) di Singhasari Resort. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Komisi Pemilihan Umum Kota Batu gagal melakukan Penetapan perolehan kursi Partai Politik calon terpilih  anggota DPRD Kota Batu Pemilu tahun 2019, Kamis (4/7/2019) mengubahkan dengan pra penetapan. 

Tentunya hal ini membuat calon legislatif terpilih menunda kebahagiaan.

“Sedih, namun demikian kita harus menghormati mungkin masih ada sengketa dibeberapa daerah jadi menunggu keputusan resmi,” kata Caleg Terpilih Pemilu 2019, Cahyo Edi Purnomo.

Ia menambahkan pasca keputusan Mahkamah Konsitusi seharusnya kota atau kabupaten yang tidak ada sengketa terkait pemilu 2019 bisa dilakukan penentapan. 

“Sebenarnya walaupun ada tuntutan bagi kota atau kabupaten, bagi yang tidak ada sengketa semestinya sudah bisa menetapkan hasil perolehan yang akan masuk DPRD,” imbuhnya saat di Singhasari Resort. 

Sementara itu Ketua Kota KPU Kota Batu Mardiono menambahkan sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU Nomor 10 tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 mengatur penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota bagi daerah yang tidak terdapat perselisihan hasil pemilu, dilakukan paling lama tiga hari setelah MK mencantumkan permohonan perselisihan hasil pemilu dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

“Sesuai aturan selambat-lambatnya tiga hari setelah diterimanya BRPK MK KPU harus melakukan sidang pleno penetapan. Namun faktanya ternyata sampai saat ini BRPK MK belum juga diterima oleh KPU Kota Batu,” ungkap Mardiono. 

“Hingga pukul 12 siang (Kamis) belum ada surat resmi. Sehingga kita ubah kegiatan ini dengan pra penetapan, karena belum ada surat resmi kami gak bisa menetapkan,” imbuhnya.

Pada Kamis (4/7/2019) ini rencananya KPU Kota Batu akan melaksanakan rapat pleno penetapan caleg DPRD terpilih Namun diundur terkait masalah teknis. 

Dengan demikian surat resmi segera diberikan KPU Kota Batu memiliki waktu selama 5 hari untuk penetapan.

“Misalnya kalau nanti malam ini surat resmi sudah di tangan kami sekurang-kurangnya dalam 5 hari kita harus melakukan penetapan,” tambah Mardiono.

“Dan penundaan penetapan ini tidak akan mengubah kursi kok. Misalnya Partai Golkar dapat 4 kursi nanti jadi 1 kursi tidak,” tutupnya.