Pemerataan Air Bersih, Dinas PUPR Temukan Titik Sumur Baru

Jul 04, 2019 17:11
Ilustrasi (istimewa)
Ilustrasi (istimewa)

MALANGTIMES - Lakukan pemerataan kebutuhan air bersih di seluruh kawasan permukiman, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang temukan titik sumur baru. Pengeboran pun mulai dilakukan di beberapa kawasan pinggir kota untuk memenuhi kekurangan air bersih yang kini tinggal 10 persen.

Kepala Bidang (Kabid) Air Minum dan Air Limbah Dinas PUPR Kota Malang, Yuni Lestari menyampaikan, tahun ini pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp 1,3 Miliar untuk melakukan pengeboran di beberapa titik yang memang belum mendapat akses air bersih.

Baca Juga : Terkuak, Data Petani Terkena Limbah Greenfields Sejak Tahun Lalu Telah Dilaporkan, Tapi...

Dia menjelaskan, pengeboran sumur Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (Hippam) baru dilakukan di tiga tempat di Kota Malang. Ke tiganya berada di kawasan Kelurahan Bumiayu RW 3 dan Kelurahan Tasikmadu RW 4 yang dibor menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK). Sementara di Kelurahan Mulyorejo RW 1 melalui anggaran Dana Alokasi Umum (DAU).

"Saat ini sudah dalam proses pengerjaan 20 persen yang melalui DAK, dan yang melalui DAU baru selesai proses lelang," katanya pada wartawan belum lama ini.

Dengam bertambahnya titik baru itu, menurutnya semakin banyak titik pemanfaatan air bersih. Karena saat ini, sudah ada 38 titik Hippam di Kota Malang, dan akan menjadi 41 titik sumur bor setelah dilakukan penambahan nantinya.

"Rata-rata sumur bor memiliki kedalaman 130 meter, dan kami selalu berupaya menemukan titik artesis agar mengalir tanpa pompa air," jelasnya.

Selama proses pengeboran, lanjutnya, pengerjaannya didampingi Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). Karena nilai anggaran untuk satu wilayah pengeboran memang membutuhkan anggaran yang sangat besar, mencapai Rp 1,3 Miliar. Sehingga dibutuhkan sebuah pendampingan khusus.

Baca Juga : Hama Tikus Bikin Buntung, Dinas Pertanian : Alat Bantuan Masih Terkendala Lelang

"Penambahan titik baru itu nantinya kami harap dapat membantu masyarakat yang belum tercover oleh PDAM," pungkasnya.

 

Topik
MalangBerita MalangDinas Pekerjaan Umum dan Penataan RuangDinas PUPR Kota MalangDana Alokasi KhususPemerataan Air BersihTitik Sumur Baru

Berita Lainnya

Berita

Terbaru