MALANGTIMES - Awal tahun ajaran baru di tahun 2019, dipergunakan secara efektif oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Yakni dengan memikul target besar bisa menempatkan mutu pendidikan di Kabupaten Malang di sepuluh besar Jawa Timur (Jatim). 

Untuk itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mulai tancap gas dalam mempersiapkan seluruh pemangku kepentingan di berbagai lembaga pendidikan dasar di bawah naungannya.

Roadshow pembinaan guru dan Kepala Sekolah se-Kabupaten Malang pun digelar dengan durasi waktu sekitar dua pekan, dalam kegiatan sukses ujian sekolah berstandar nasional (USBN) 2019/2020. Dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 13 Juli 2019.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Slamet Suyono, yang menyatakan, roadshow pembinaan sukses USBN 2019/2020 telah dimulai sejak tanggal 1 Juli kemarin.

"Sudah berjalan kemarin dan diawali di wilayah Kecamatan Tirtoyudo. Kita jadwalkan kegiatan pembinaan ini sampai tanggal 13 Juli mendatang," kata Slamet, Selasa (02/07/2019).

Kegiatan roadshow pembinaan sukses USBN akan menjangkau peserta sebanyak 2.341, dan 2.264 diantaranya adalah guru yang memang diperkuat kinerja dan kompetensinya untuk bisa merealisasikan program Sukses USBN nantinya. 

"Program ini dilakukan secara berkesinambungan dengan tujuan agar mutu pendidikan SD di Kabupaten Malang semakin baik dan meningkat sekaligus merata. Ini adalah wujud komitmen Dinas Pendidikan atas dunia pendidikan," ujar Slamet.

Pelaksanaan di awal tahun ajaran baru ini pun dalam upaya Dinas Pendidikan memberikan pembinaan secara merata di berbagai sekolah dasar negeri maupun swasta yang jumlahnya mencapai 1.478 sekolah di tahun 2018 lalu.

"Kita lakukan awal tahun ajar baru pembinaan ini agar bisa menjangkau seluruh sekolah. Kita tahu betapa banyaknya sekolah dasar di sini serta lokasi yang juga berjauhan di 33 kecamatan," ucap pria asal Poncokusumo ini.

Seperti diketahui, di tahun 2017, nilai USBN SD di Kabupaten Malang berada di posisi 32 se-Jatim. Naik cukup tinggi di tahun 2018 yaitu  di urutan 17. Sedangkan untuk tahun 2019, Dinas Pendidikan memberikan target di posisi 10 Jatim.

Peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Malang juga tidak lepas dari upaya keras M Hidayat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, beserta jajarannya. Dimana, untuk mencapai target yang diembannya, salah satu kegiatan yang langsung digeber adalah pembinaan sukses USBN 2019/2020.

"Arahan Pak Plt Bupati nilai USBN SD bisa sampai di peringkat 10. Sehingga tentunya kami mempersiapkan lebih dini berbagai persiapan untuk menghadapi USBN ini," ucap Dayat sapaan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

Dayat juga menegaskan, dunia pendidikan di Kabupaten Malang harus selalu ada peningkatan kualitas setiap tahunnya. Baik dari sumber daya manusia, serta sarana prasarana sekolah di Kabupaten Malang. 

"Ini tugas kita semua untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar kita. Seperti yang disampaikan pak Plt Bupati Malang kepada Dinas Pendidikan, bahwa tiap tahun harus ada peningkatan target sesuai dengan hasil yang dicapai di USBN. Insya Allah bisa dicapai," ujarnya yang juga menyatir ucapan Sanusi, bahwa Pemkab Malang pun tidak sekedar memberikan target tapi juga reward bagi sekolah yang bisa mengatrol pencapaian nilai USBN Kabupaten Malang di tingkat Jatim.