Tak Ada Gugatan, KPU Kota Malang Tetapkan Calon Terpilih DPRD Besok

MALANGTIMES - Tak ada gugatan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang bakal tetapkan calon terpilih DPRD Kota Malang pada Rabu (3/7/2019) besok di Hotel Santika. Penetapan itu dilakukan setelah keluar Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) yang menunjukkan bahwa Pileg Kota Malang nihil gugatan.

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas menyampaikan, Pileg untuk DPRD Kota Malang dan DPRD Provinsi Jatim dinyatakan aman dan tidak ada gugatan. Selanjutnya, KPU akan mengajukan usulan kepada Gubernur Jawa Timur untuk segera dilakukan pelantikan melalui Wali Kota Malang.

"Ketika tidak ada gugatan, maka KPU harus segera melakukan penetapan sebagaimana aturan yang ada. Penetapan harus dilakukan maksimal tiga hari setelah pengumuman, dan pengumuman sudah keluar 1 Juli kemarin," katanya pada wartawan, Selasa (2/7/2019).

Lebih jauh dia menyampaikan, laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) bagi masing-masing calon anggota DPRD Kota Malang harus segera dilaporkan. Karena itu menjadi salah satu berkas persyaratan yang harus dipenuhi dan diselesaikan.

Laporan harus dilakukan maksimal tujuh hari setelah dilakukan penetapan. Jika tidak membuat laporan, maka pelantikan yang bersangkutan akan ditunda secara otomatis. Sementara KPU tidak dapat membuat rekomendasi untuk tetap melantik yang bersangkutan.

"Data-data selain laporan kekayaan sudah dipegang KPU, maka calon harus segera melaporkan kekayaannya," terang perempuan berhijab itu.

Top