Muhammad Sailendra, Kepala Bidang Industri Logam Mesin Elektro Tekstil Aneka dan Industri Alat Transportasi dan Telematika (Kabid Ilmeta dan IATT) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Malang. (Foto: Ferry/malangtimes)
Muhammad Sailendra, Kepala Bidang Industri Logam Mesin Elektro Tekstil Aneka dan Industri Alat Transportasi dan Telematika (Kabid Ilmeta dan IATT) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Malang. (Foto: Ferry/malangtimes)

MALANGTIMES - Guna mengembangkan potensi usaha mikro kecil menengah (UMKM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Malang menggandeng para pelaku industri kreatif untuk menunjang terciptanya promosi dan pengemasan produk yang mampu bersaing menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

Baca Juga : Draft Sudah Final, Besok Pemkot Malang Ajukan PSBB

Keberadaan UMKM di Kota Malang perlu didukung dengan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan pemanfaatan teknologi informasi agar semakin dikenal dan mampu menembus pasar yang lebih luas.
Kegiatan pelatihan yang disiapkan dan dilaksanakan Disperindag Kota Malang merupakan bagian dari dukungan pemerintah kepada para pelaku usaha.

"Pelatihan secara teknis bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) industri kreatif," ujar Muhammad Sailendra, Kepala Bidang Industri Logam Mesin Elektro Tekstil Aneka dan Industri Alat Transportasi dan Telematika (Kabid Ilmeta dan IATT) Disperindag Kota Malang kepada MALANGTIMES (TIMES INDONESIA NETWORK), Senin (14/9/2015) sore.
‚ÄéMemasuki era MEA yang akan dimulai Desember 2015, kata Sailendra, masalah skill (ketrampilan) SDM harus ditingkatkan. "Agar SDM kita kompetitif," tegasnya.

Selain dari sisi produksi, peningkatan kualitas produk dan SDM perlu dilakukan pada bagian lain sebagai penunjang. "Bagaimana mengemas, mempromosikan dan memasarkan produk agar menarik," ujar pria berusia 45 tahun ini.
Sailendra menuturkan, pelatihan fotografi dan videografi merupakan salah satu upaya membangun sinergi dengan pihak terkait. Sebelumnya, lanjut Sailendra, Disperindag Kota Malang mengadakan pelatihan animasi 2 dimensi, dan 3 dimensi.

Baca Juga : Hari ke 2 Proses Pencarian Pendaki Hilang karena Kesurupan, Puluhan Personel Dikerahkan

Tujuan kegiatan seperti ini mampu mendukung industri yang lain. "Termasuk membantu mempublikasikan industri yang lain, sehingga ada sinergi antar industri," pungkasnya. (*)