MALANGTIMES - Betapa membanggakan ilustrator asal Malang bernama Kresna Adhitya Zulkarnaen a.k.a AdhityaZul ini. Pria yang akrab disapa Adhit ini berhasil memenangkan kontes fan art berskala internasional yang diadakan oleh Marvel. 

Namanya keluar sebagai pemenang untuk poster fan art superhero Marvel “Spider-Man: Far From Home”. Beberapa waktu yang lalu, akun Twitter resmi film Spider-Man mengumumkan nama tiga pemenang dan salah satunya adalah fan art karya Adhit.

Tentu, karyanya ini begitu mengesankan dan mengharumkan nama Indonesia. Dalam poster karyanya, tampak Spider-Man berpose di belakang Quentin Beck alias Mysterio, musuh bebuyutan Spider-Man dalam komik, dengan landmark Kota London dan Venesia sebagai latar film Spider-Man: Far From Home. 

Kesehariannya, Adhit berfokus pada dunia visual art. Ia mengerjakan project-project yang berkaitan dengan visual art. Project yang ia terima tidak hanya dalam negeri, namun juga internasional.

Project yang ia terima berhubungan dengan ilustrasi dan visual art, seperti Ilustrasi, poster, packaging, concept art, promotion material, storyboard, character desaign, dan masih banyak lagi.

“Jadi saya mengerjakan berbagai berbagai project baik lokal maupun internasioanal yang berhubungan dengan ilustrasi dan visual art," ujar pemilik akun Instagram AdhityaZul tersebut saat dihubungi MalangTIMES.

Nah, di sela pekerjaannya, Adhit sering mengikuti kompetisi-kompetisi Artwork. Dan salah satunya adalah kompetisi yang dia menangi, yakni kontes fan art superhero Marvel “Spider-Man: Far From Home” yang diadakan oleh Marvel tersebut.

“Kadang di sela-sela bekerja saya juga ikut kompetisi-kompetisi yang berhubungan dengan kerjaan saya. Salah satunya ya kompetisi artwork Spider-Man: Far From Home ini. Alhamdulillah dipilih menjadi salah satu pemenang," paparnya.

Ketika ditanya mengenai adanya perubahan mengenai pekerjaannya sebelum dan sesudah memenangi lomba, Adhit menjelaskan bahwa setelah memenangi lomba fan art yang diadakan oleh Marvel ini, Ia merasa mendapatkan spotlight dan exposure yang semakin besar. Pekerjaan yang diterimanya juga mengalami peningkatan.

“Yang pasti spotlight dan exposure makin gede. Impactnya ya alhamdulillah kerjaan yang dateng makin banyak,” ungkapnya.

Awal mula perjalanan karier Adhit di bidang visual art sendiri bermula dari hobi yang dimilikinya sejak kecil, yaitu menggambar. Ia mengaku ingin menjadi seniman.

Pada waktu memasuki masa perkuliahan, Adhit memutuskan untuk memilih jurusan yang masih sejalan dengan hobi dan impiannya, yakni jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di Universitas Negeri Malang (UM).

Impiannya sempat terhenti sejenak ketika ia lulus kuliah. Adhit bekerja di salah satu web company sebagai web designer selama dua tahun.

Mengikuti kata hatinya, ia memutuskan keluar dari kantornya dan memfokuskan secara penuh di dunia visual art, untuk melanjutkan impiannya sedari kecil.

“Setelah lulus udah jarang gambar karena sempet kerja di salah satu web company sebagai desaigner selama 2 tahun. Baru tahun 2012 saya resign dari kantor dan fokus secara penuh di dunia visual art,” beber pria berusia 32 tahun itu.

Tentunya, keputusan yang diambil Adhit sama sekali tidak sia-sia. Sebab, ini bukan kali pertama Adhit menang di kontes fan art yang diadakan Marvel.

Bulan Oktober tahun lalu, ia memenangkan kontes poster fan art untuk Venom yang dipilih langsung oleh pemeran utamanya, Tom Hardy.

Awal bulan ini, aktor yang memerankan Mysterio, Jake Gyllenhaal, juga sempat memposting Instagram story yang berisi fan poster karya Adhit.