Surat Risma, Warganet Ribut Soal Penulisan Salam

MALANGTIMES - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini masih dirawat di rumah sakit Dr Soetomo, Surabaya. 

Kondisinya masih dalam pantauan tim medis. Aliran doa dan kunjungan dari berbagai kalangan pun mengalir untuk menjenguk sosok wali kota perempuan yang memiliki beragam prestasi dalam dan luar negeri ini.

Banyaknya aliran doa inilah yang dibalas Risma dengan ucapan terima kasih yang ditulisnya di selembar kertas, Sabtu (29/06/2019).

"Ass Wr Wb. Terimakasih untuk semua yang mendoakan saya. Insya Allah saya akan segera pulih dan melayani warga Surabaya kembali. Wass Wr Wb. Risma" begitulah tulisan Risma kepada seluruh masyarakat yang telah bersimpati dan mendoakan kesembuhannya.

Surat tersebut pun diposting diberbagai media sosial (medsos) dan mendapat puluhan ribu komentar warganet. 

Sebagian besar memberikan dukungan dan apresiasinya atas ucapan terima kasih Risma. 

Tapi, ada juga warganet yang mengomentari surat Risma terkait penulisan salam pembuka dan pengakhir isi kalimat. Sehingga menimbulkan perdebatan antara warganet.

Akun @fadlisaliim menuliskan, "Hee salam gak boleh disingkat b***h," ujarnya, Minggu (30/06/2019).

Sontak saja komentar itu mendapat tanggapan warganet lain. 

Sebagain besar warganet menyampaikan hal senada dengan komentar yang dianggapnya tidak etis terhadap sosok walikota Surabaya itu.

Misalnya @ismailsyhyang mengatakan, "ya udahkan, berarti lu faham itu salam kan. Intinya kan maknanya lu tahu, mungkin ibu itu agak sulit menulis karena keadaannya. Jangan mentingin hukum sebelum belajar tasawufnya nak," tulisnya. 

@we.de.ye.te menuliskan juga ketidaksukaan cara komentar tersebut. 

Dirinya menuliskan, "mending kalau ngasih tahu tu yang sopan. Bukan malah komen mbodoh-bodohi org," ujarnya yang dijawab @fadlisaliim, "ya kan saya nitijen," tulisnya.

Perdebatan terkait singkatan salam yang ditulis Risma hanya dengan Ass Wr Wb terbilang ramai juga. 

Satu sisi warganet mengomentari adanya penulisan salah atas salam dengan singkatan.

Satu sisi lainnya menyampaikan bahwa penulisan salam yang disingkat akan mengubah arti dan maknanya.

Shidiqabdurachman menerangkan, "ass=pantat, coba translatekan ke Inggris, maaf  bukan saya sok pinter ini cuma ngasih tahu buat yang tidak tahu  aja supaya tidak menyingkat salam," tulisnya.

Selain perdebatan terkait penulisan salam tersebut, warganet lain pun terus mendoakan agar Risma segera pulih dari sehatnya serta bisa kembali melayani masyarakat.

 

Top