Para Petani Bakal Baper Lihat Mesin Pemanen Super-Cepat Ini

Jun 30, 2019 13:24
Agrobot, mesin pemanen strawberry. (istimewa)
Agrobot, mesin pemanen strawberry. (istimewa)

MALANGTIMES - Dahulu masih banyak orang yang memanen menggunakan kemampuan manusia. Namun seiring berjalannya waktu, memanen hasil pertanian dan perkebunan tidak perlu sesulit dahulu.

Nah dalam bidang perkebunan sekarang ini, penggunaan mesin teknologi tercanggih terbukti dapat meningkatkan mutu, hasil tanaman dan mengurangi tenaga kerja. Selain itu, mesin modern ini akan membuat proses panen lebih cepat, efisien, dan pastinya lebih hemat biaya.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Berikut ini beberapa teknologi mesin modern yang digunakan saat panen perkebunan.

1. Oxbo Seri 6420, Mesin Pemanen Zaitun

Oxbo International Corporation yang berbasis di Amerika merancang Oxbo seri 6420 yang dikhususkan untuk memanen buah zaitun dalam skala besar.

Mesin ini memiliki keunikan dengan adanya celah semacam terowongan di antara kaki mesin yang ekstrabesar dengan lebar 274 cm dan tinggi mencapai 350 cm.

Sistem kerja Oxbo adalah dengan melewati pohon zaitun di antara mesin terowongan tadi. Nah di saat pohon masuk ke dalam celah itulah, mesin mulai bekerja memanen buah zaitun.

Tak hanya memanen. Mesin ini secara selektif memisahkan bulir zaitun dengan tangkai dan apa pun yang tidak diperlukan.

2. Agrobot, Mesin Pemanen Strawberry

Inovasi Agrobot pemanen buah strawberry dapat disebut sebagai inovasi mutakhir. Mesin ini memiliki kecerdasan buatan yang dapat memetik satu demi satu buah strawberry yang telah matang.

Agrobot yang berbasis teknologi lider memiliki kemampuan yang dapat memetahkan barisan lahan dan memosisikan dirinya di tempat yang tepat untuk segera melakukan panen.

Agrobot dalam proses panennya sendiri dilengkapi dengan 24 tentakel pemetik yang telah dibekali dengan sensor inframerah. Sensor itu berguna untuk mendeteksi tekstur dan warna buah yang matang dan tentunya yang segar.

Dengan tentakel pemetik tersebut, Agrobot dapat memanen strawberry terbaik dalam jumlah banyak sekaligus.

3. Optimum, Mesin Pemanen Anggur

Yang suka buah anggur boleh lihat proses pemetikannya. Yakni dengan menggunakan mesin pemanen anggur bernama Optimum. Ini adalah mesin khusus yang digunakan untuk memanen anggur dalam jumlah banyak, namun dapat dipanen dalam waktu singkat.

Mesin yang dibuat oleh perusahaan Prancis, Pellenc, ini memiliki kemampuan untuk melakukan pemetikan dan tanpa merusak kelembutan sekaligus kerapuhan buah anggur yang mudah pecah.

Selain itu, Optimum memiliki terowongan di tengah mesin yang dilewati oleh barisan anggur saat panen. Mesin ini dapat melewati sekian baris hanya sekali jalan.

4. Koppert Machine, Mesin Pemanen Lobak

Mesin pemanen lobak bernama Koppert Machine ini dibuat untuk memanen lobak dalam kondisi medan dan cuaca apa pun. Mesin panen berteknologi hidrolik ini menggunakan lajur-lajur yang dapat menarik Lobak dari tanah, memisahkannya dari dedaunan sebelum dipotong dan digiring ke permukaan.

Kapasitas yang dimiliki mesin ini adalah kemampuan memanen lahan 1.000 meter persegi dalam kurung waktu hanya satu jam saja. Dengan penggunaan mesin ini, petani tak memerlukan banyak orang untuk bekerja sehingga menghemat biaya.

5. Oxbo's 3220, Mesin Pemanen Jeruk Sitrus

Oxbo's 3220 adalah mesin berteknologi cerdas yang dapat memanen jeruk sitrus secara tepat dan tanpa merusak pohonnya.

Sistem kerja buatan Amerika ini adalah melakukan tekanan berulang berupa getaran secara lembut pada setiap pohon.

Sekali getaran berlangsung, maka selama 8 detik dapat dilakukan berkala hingga buah tidak tersisa.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Mesin Oxbo's 3220 dapat memanen 2 juta kilogram per hari yang sama dengan penggunaan 120 tenaga kerja. Sementara akurasi pemetikan buah nyaris sempurna hingga 95 persen.

6. Grimme WH Seri 200, Mesin Pemanen Kentang

Mesin yang satu ini adalah mesin pemanen kentang yang dapat diandalkan untuk berbagai kondisi lahan.

Tidak hanya kentang mesin ini juga dapat memanen berbagai jenis umbi-umbi lainnya. Mesin ini dapat diatur untuk pemanenan dalam kombinasi dua baris atau empat baris sekaligus.

Dalam proses pemanenan, Grimme Seri WH 200 memiliki tenaga kuda hingga 68 hours power ke atas. Hal itu membuat cengkraman penggalian dalam setiap biji kentang di dalam tanah dapat terangkut dengan baik.

Setelah diambil, kentang akan melewati dua jaring utama untuk melepaskan tanah yang menempel pada kentang, sebelum akhirnya masuk kebagian pemutar untuk melepaskan lagi tanah yang masih tersisa.

 

Topik
mesin pertanian canggihmesin pemanen super cepatteknologi modern untuk panen

Berita Lainnya

Berita

Terbaru