Jalan Akses TPA Supit Urang Dinilai Sempit, Pemkot Masih Kaji Ulang Pelebaran

Jun 30, 2019 11:36
Jalan menuju kawasan TPA Supit Urang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Jalan menuju kawasan TPA Supit Urang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Permasalahan mengenai sampah yang juga menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Yakni mengenai akses jalan menuju kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang.

Ya, akses jalan di kawasan itu memang dinilai sempit. Terlebih untuk dilewati truk angkutan sampah. Beberapa dari angkutan harus bergantian ketika akan keluar masuk jalan ini.

Baca Juga : Sederet Megaproyek Pemkot Malang Ditunda, Termasuk Pembangunan Mini Block Office

Sayangnya, melakukan pelebaran jalan tidak sembarangan bisa dilakukan. Masih perlu ada kajian lebih lanjut, mengingat kawasan ini juga diisi oleh rumah-rumah warga.

Plt Kepala Dinas Lingkugan Hidup (DLH) Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi mengatakan terkait pelebaran jalan masih cukup sulit untuk direalisasikan. "Agak sulit memang untuk pelebaran jalan karena kan di kanan kiri itu sudah padat penduduk. Kami masih harus melakukan perhitungan ada berapa rumah, kemudian berapa persilnya untuk diganti rugi, biaya sosialnya juga saya rasa sangat - sangat tinggi," ujar dia belum lama ini.

Meski begitu, pihaknya mengakui memang soal akses jalan juga menjadi pekerjaan rumah (PR) Pemkot Malang. Pihaknya sempat mencari alternatif jalan lain dengan melewati wilayah Kabupaten Malang, namun hal itu juga masih dirasa terlalu bahaya bagi pengendara.

"Kami juga sudah mencoba mencari alternatuf lain kalau lewat kabupaten tapi itu rasanya tidak memungkinkan. Karena terlalu curam, terus naiknya itu kemiringannya terlalu tinggi. Truk nya nggak kuat," imbuh dia.

Baca Juga : Anggaran Penanganan Covid-19 Kota Malang Ditambah Menjadi Rp 86 Miliar

Karena itu, dia menjelaskan untuk fasilitas akses jalan menuju TPA Supiturang di kawasan Kecamatan Sukun ini memang masih akan terus dikaji untuk mendapatkan alternatif lainnya. "Jadi, ya satu-satunya jalan alternatif itu nanti kami pikirkan kembali. Masih butuh proses waktu," pungkas dia.

Topik
Jalan Akses TPA Supit UrangPemerintah Kota MalangDinas Lingkugan Hidup Kota MalangDiah Ayu Kusumadewi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru