MALANGTIMES - Investasi apartemen adalah salah satu investasi yang paling menguntungkan di tahun 2019. Terbatasnya lahan di kota besar serta harga tanah di perkotaan yang semakin mahal membuat para pengembang properti mulai mempertimbangkan pilihan hunian vertikal.

Hunian vertikal seperti apartemen memiliki daya tariknya tersendiri. Selain lokasi yang biasanya memiliki akses langsung dengan pusat perbelanjaan, apartemen biasanya menawarkan fasilitas layaknya di hotel.

Oleh karena permintaan pasar yang semakin tinggi, banyak orang yang mulai melakukan investasi apartemen. Berikut 4 tips agar investasi apartemen menguntungkan.

1. Lokasi Apartemen

Sama seperti properti jenis apapun, lokasi adalah kunci utama dalam memilih apartemen. Pastikan bahwa apartemen yang dijadikan investasi akan berada di lokasi yang strategis, sehingga memiliki peningkatan harga yang baik di masa mendatang.

Di Kota Malang, ada satu apartemen yang memiliki lokasi yang sangat strategis. Apartemen tersebut ialah The Kalindra.

Letak apartemen The Kalindra berada di pinggir jalan protokoler kota yang langsung tersambung dengan exit tol Surabaya-Malang. Lokasi tepatnya di Jalan Ahmad Yani Utara No. 10, Malang. Akses keluar pintu tol Surabaya-Malang hanya berjarak 500 m dari lokasi The Kalindra.

Lokasi Apartemen The Kalindra yang hanya berjarak sekitar dua menit dari exit tol ini tentu mendapatkan impact investment yang luar biasa.

Para investor tak ragu untuk berinvestasi di The Kalindra. Mereka paham bahwa nilai investasi properti sangat dipengaruhi oleh infrastruktur umum yang dibuat pemerintah.

"Orang dari luar kota begitu melihat bangunan tinggi pertama yang akan dilihat nantinya itu adalah Kalindra," ujar Executive Manager Marketing, Ferdinando Redha Asmana.

The Kalindra sendiri berdiri di kawasan mixed use, mampu mengakomodasi beberapa fungsi sekaligus, seperti hunian, pusat belanja, transportasi publik, pendidikan, dan rekreasi.

The Kalindra memiliki akses yang mudah ke berbagai public service. Ke Bandara Abdulrachman Saleh dan Terminal Arjosari, misalnya, jaraknya hanya sekitar 5-10 menit. Sedangkan untuk menuju pusat kota, katakanlah alun-alun, maksimal perjalanan juga hanya sekitar 10 menit.

Selain itu, The Kalindra dekat dengan puluhan kampus terbaik, sekolah internasional Bina Bangsa dan Binus, pusat perbelanjaan, serta pusat kuliner. Sedangkan untuk kebutuhan wisata, cukup 1 menit ke Hawai Waterpark dan 30 menit ke Kota Batu.

2. Fasilitas Apartemen

Jangan lupa memilih apartemen yang memiliki fasilitas yang dapat menunjang penghuninya, apakah itu Anda, calon pembeli, atau pun calon penyewa. Akan Iebih baik lagi jika kompleks apartemen memiliki sarana olahraga seperti kolam renang hingga gym, pusat belanja atau minimarket, hingga klinik atau apotek.

Satu-satunya apartemen di Kota Malang, The Kalindra terkoneksi dengan hotel mewah bintang 4 Hotel Aston. Hal ini menjadikan penghuni apartemen The Kalindra merasakan sejumlah keuntungan. Salah satunya, fasilitas mewah yang juga dirasakannya.

Lantaran terkoneksi dengan Hotel Aston ini, setiap penghuni apartemen The Kalindra bisa memakai fasilitas Hotel Aston secara free. Misalnya kolam renang atau parkiran yang sama sekali tidak ada pengeluaran biaya.

"Jadi, memang The Kalindra untuk kalangan milenial sampai kalangan menengah ke atas. Karena kita konsepnya apartemen eksklusif," ungkap Executive Manager Marketing, Ferdinando Redha Asmana.

Selain itu, The Kalindra juga memiliki fasilitas yang komplet. Mulai dari access card, area komersial, foodcourt and cafe, swimming pool, wifi public area, water treatment & spa, playground, fitness center, meeting room, gym, barbeque area, dan function room.

Keistimewaan-keistimewaan The Kalindra tak hanya fasilitas yang lengkap, tetapi juga akses transportasi yang mudah, pendidikan berkualitas hingga lokasi bebas macet yang mudah dijangkau ke tempat kerja dan pusat perbelanjaan.

3. Pengembang yang Terjamin

Pengembang besar yang telah memiliki nama dan jaminan mutu tentu akan Iebih aman untuk dibeli unit apartemennya. Anda dapat melihat rekam jejak dari proyek yang pernah mereka bangun.

Nah, The Kalindra adalah satu apartemen yang terjamin keamanannya dalam hal ini. Jauh-jauh hari, pihak The Kalindra sudah membebaskan lahan di tahun 2008.

"Milik kita SHM (Sertifikat Hak Milik). Jadi tidak ada sengketa karena dari awal sudah kita bebaskan tahun 2008, sudah lama," ujar Ferdinando.

Sejak awal, pihak developer dari The Kalindra memang sudah berkomitmen untuk mengikuti dan melengkapi semua prosedur yang disyaratkan pemerintah. Hal ini dilakukan agar memperlancar proses pembangunan sehingga berjalan dengan baik.

4. Beli Sesegera Mungkin, Tapi Jangan Terburu-buru

Jika Anda semakin lama menunda membeli apartemen, maka harga apartemen sudah tidak murah lagi, dan keuntungan yang dapat Anda peroleh tidak akan terlalu besar. 

Tapi, walau sebaiknya membeli apartemen sesegera mungkin, bukan berarti Anda harus terburu-buru membeli apartemen. Hal ini karena, membeli apartemen tidak boleh sembarangan. Maka dari itu pastikan dulu tips-tips di atas Anda perhatikan.