Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Malang Bakal Kembali Jadi Tuan Rumah Festival Panji Nusantara, Catat Jadwalnya

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : A Yahya

24 - Jun - 2019, 21:31

Foto Istimewa
Foto Istimewa

MALANGTIMES - Bagi penikmat event seni budaya, bisa mulai mengagendakan liburan di Malang Raya pada pekan kedua Juli 2019 mendatang. Pasalnya, Kota Malang bakal kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Panji Nusantara. Tahun ini, festival tersebut akan digelar secara maraton di 5 kota/kabupaten di Jawa Timur. 

Rencananya, Festival Panji Nusantara 2019 bakal berlangsung mulai 9-12 Juli 2019. Ada lima daerah yang menjadi basis penyelenggaraan kegiatan, yaitu Kabupaten Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri dan juga Kota Malang. Mengangkat tema Transformasi Budaya Panji, event tersebut merupakan kerja sama Dinas Kebudayaan Provinsi Jatim, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dan pemerintah kota/kabupaten yang menjadi tuan rumah.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Acara tersebut juga didukung oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Mojokerto. Dalam rilisnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, Sinarto menjelaskan bahwa Festival Panji kali ini merupakan kelanjutan dari Festival Panji Nasional 2017 di Kediri dan Festival Panji Internasional 2018 di 8 daerah di Indonesia. 

Menurut rencana, Festival Panji Internasional akan diselenggarakan setiap 3 (tiga) tahun sekali, diselingi Festival Panji Nusantara yang diadakan setiap tahun. Sebelum pelaksanaan acara, akan ada beberapa pre-event. Di antaranya International Mask Festival di Museum Panji, Tumpang, Kabupaten Malang pada 7 Juli. 

Dalam Festival Panji Nusantara 2019 ini, selain menampilkan potensi kesenian dari berbagai kota di Jatim, juga dihadirkan pameran visual Budaya Panji, workshop, seminar, lomba-lomba, dan seni pertunjukan dari 6 (enam) provinsi di luar Jawa Timur, yaitu dari Bali, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Kalimantan Timur, dan Provinsi Sulawesi Selatan. 

Acara inti Festival Panji Nusantara ini dimulai di Amphitheatre Candi Penataran, Kabupaten Blitar pada 9 Juli yang menampilkan berbagai suguhan kesenian dari Blitar dan dari luar provinsi Jatim.

Pada tanggal 10 dan 11 Juli, secara bersamaan acara berlangsung di tiga kota sekaligus, yaitu Kabupaten Blitar, Kediri dan Tulungagung. Sedangkan pada tanggal 12 Juli berlangsung acara dalam waktu yang sama di Kota Malang dan Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Khusus di Kota Malang, Pemerintah Kota Malang juga menyelenggarakan beberapa lomba yaitu: lomba mewarna, menggambar, vlog, workshop komik, dan sinau sejarah dengan tema Panji di Museum Mpu Purwa. 

Praacara Festival Nusantara sudah dimulai sejak 24-25 April di Kota Malang berupa Pekan Cipta Karya Seni “Panji Milenial”, disusul Sarasehan Literasi Budaya Panji di Museum Panji, Tumpang, Kab. Malang yang bersamaan dengan peringatan Hari Tari Dunia dengan tema Dance of Panji (26/4), kemudian Lomba Seni Pertunjukan Pelajar Berbasis Budaya Panji di Kota Malang (28-29/4) dan di kota Malang juga dipungkasi dengan pergelaran Malang Artnival (30/4).


Topik

Wisata malang berita-malang Festival-Panji-Nusantara Balai-Pelestarian-Nilai-Budaya Balai-Pelestarian-Cagar-Budaya Panji-Milenial


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

A Yahya