Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Tiga Kecamatan Kekurangan Puluhan Kasek SDN, Dinas Pendidikan: Sementara Diisi Plt Dulu

Penulis : Dede Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

24 - Jun - 2019, 19:33

Ilustrasi anak sekolah dasar (Ist)
Ilustrasi anak sekolah dasar (Ist)

MALANGTIMES - Sekolah Dasar Negeri (SDN) di tiga kecamatan Kabupaten Malang, masih harus bersabar dengan tidak adanya kepala sekolah (Kasek) di wilayahnya. 

Pasalnya, dari hasil seleksi subtantif calon kasek SDN yang dikeluarkan LP2KS Solo, hanya 64 orang saja yang lolos. Dari total 102 peserta seleksi di bulan April 2019 lalu, untuk menjadi kasek SDN di Kabupaten Malang.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Kondisi tersebut, membuat beberapa SDN sampai tahun ini mengalami kekosongan Kasek. Terutama di tiga wilayah Kabupaten Malang, yaitu Kecamatan Gedangan, Pagak, dan Poncokusumo. 

"Untuk tiga wilayah tersebut, kekosongan Kasek SDN mencapai sekitar 20 orang. Sementara ini ya diisi dengan Plt Kasek dulu, sampai nanti ada seleksi kembali di tahun depan," kata Suwandi, Kepala Bidang Tenaga Teknis Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Senin (24/06/2019).

Suwandi melanjutkan, bagi calon Kasek yang tidak lolos dalam seleksi bisa kembali untuk mengikutinya. Apabila, secara usia masih memenuhi syarat di tahun depan. 

"Masih bisa ikut apabila usianya masih memenuhi syarat. Kita rencanakan tahun depan untuk memenuhi kekosongan kasek SDN ada sekitar 120 orang yang ikut seleksi," ujarnya. 
Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, dalam persoalan seleksi Kasek SDN pun, tetap akan melakukan pendampingan terkait anggaran. Dimana, menurut Suwandi, untuk biaya seleksi ditanggung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

Dimana, anggaran untuk seleksi dianggarkan Rp 1 juta per orang dan diambilkan dalam DIPA Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. "Jadi calon Kasek tinggal mempersiapkan materi seleksi agar bisa lolos saja," ujar Suwandi.

Dalam seleksi substansi mencakup 4 (empat) aspek penilaian. Diantaranya, respon situasional (1A dan 1B), respon kreativitas dan pemecahan masalah secara kreatif, respon wawasan kepemimpinam, dan pengambilan keputusan berdasarkan bukti-bukti tertulis. 

Baca Juga : Siswa yang Tak Punya Akses Internet Mulai Senin Belajar Lewat TVRI

"Hal-hal itu yang perlu dipersiapkan untuk seleksi tahun depan bagi calon Kasek," ujar Suwandi yang juga menyampaikan, selain anggaran seleksi, Dinas Pendidikan juga mempersiapkan anggaran untuk Diklat sebesar Rp 5,5 juta per orang bagi yang lolos seleksi.

Diklat tersebut akan dilaksanakan selama satu minggu dengan skema house training dan dilanjut dua kali on training dengan durasi masing-masing satu bulan.

"Ada pendampingan sekali dan diakhiri dengan in-house training ke-2 selama sebulan sekaligus proses penilaian akhir sebelum ditetapkan sebagai kasek," pungkas Suwandi. 


Topik

Pendidikan malang berita-malang tiga-kecamatan-Kabupaten-Malang sekolah-tidak-ada-kepala-sekolah hasil-seleksi-subtantif-calon-kasek SDN-di-Kabupaten-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Lazuardi Firdaus