Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Bangun Jembatan, Dinas PU Bina Marga Alokasikan Anggaran Rp 36,7 Miliar

Penulis : Dede Nana - Editor : Redaksi

23 - Jun - 2019, 14:25

Jembatan Kanigoro, Sengguruh, sebelum di bangun (@malangtramway)
Jembatan Kanigoro, Sengguruh, sebelum di bangun (@malangtramway)

MALANGTIMES - Terdapat belasan lokasi pembangunan jembatan di Kabupaten Malang di tahun 2019. 

Jumlah lokasi direncanakannya pembangunan jembatan yang berada di bawah Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang itu, tercantum dalam laman LPSE Kabupaten Malang.

Dari lokasi sampai dengan pagu anggaran yang ditetapkan.

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

Misalnya, lokasi pembangunan  Jembatan Sepanjang yang terletak di wilayah Gondanglegi dengan pagu sebesar Rp 400 juta dengan akhir pendaftaran lelang tanggal 25 Juni 2019. Atau di jembatan bulupitu, putukrejo, sabrangampel, bayuurip, telogorejo dan lainnya. 

Dimana, rata-rata pembangunan jembatan tersebut memiliki pagu sekitar Rp 300 juta sampai dengan Rp 1,4 miliar. 

Seperti pembangunan di jembatan Sumbermanjing Kulon dan jembatan pamotan dengan pagu Rp Rp 1,4 miliar. Batas akhir lelang tanggal 25 Juni 2019.

Cukup banyaknya pembangunan jembatan di Kabupaten Malang, menurut Romdhoni, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, tidak lepas dari tofografis dan geografis Kabupaten Malang itu sendiri. Yakni, berbentuk perbukitan dan dilalui berbagai sungai besar.

“Sebenarnya memang banyak jembatan di Kabupaten Malang, dikarenakan kondisi alamnya. Tapi untuk jumlah jembatan primer ada sekitar 400 unit dan tersebar di berbagai wilayah. Sedang jembatan berstatus antar desa, masih terus kita data jumlahnya,” kata Romdhoni kepada MalangTIMES.

Dari total jumlah jembatan primer tersebut, plus jembatan antar desa, tidak secara keseluruhan saat ini berstatus baik secara teknis. 

Jembatan Kanigoro, Sengguruh, setelah dibangun (@malangtramway)

Romdhoni menyampaikan, dari total jembatan primer yang tidak layak teknis ada sekitar 10 persen yang setiap tahun dilakukan pembangunannya.

“Jadi yang disebut jembatan layak teknis itu standarnya memiliki lebar 6 meter dan berstruktur dari baja. Nah, beberapa memang terus kita sesuaikan jembatan itu, sehingga sesuai dengan standar teknisnya,” ujar Romdhoni.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Dari data Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malang, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 36,7 miliar untuk pembangunan dan atau penggantian jembatan.

“Untuk anggaran pembangunan atau pergantian jembatan di wilayah Kabupaten Malang tercatat sejumlah itu. Secara nominal anggaran memang di bawah pembangunan jalan. Ini sekali lagi karena jembatan di Kabupaten Malang rata-rata masih baik secara fungsi dan teknis,” ucap Romdhoni.

Beberapa pembangunan jembatan yang akan dilaksanakan di tahun 2019, dari data LPSE Kabupaten Malang, adalah Jembatan Sepanjang (Rp 400 juta), Jembatan Bulupitu (Rp 300 juta),     

Jembatan Putukrejo (Rp 400 juta), Jembatan Sabrangampel (Rp 600 juta) dan Jembatan Banyu Urip (Rp 600 juta). Selanjutnya ada pembangunan Jembatan Tlogorejo dengan pagu Rp 700 juta, Jembatan Plenggong (Rp 650 juta), Jembatan Sumbermanjing Kulon (Rp 1,4 miliar), Jembatan Kedungrejo (Rp 400 juta), Jembatan Margahayu (Rp 500 juta), Jembatan Pakisaji (Rp 350 juta), Jembatan Wadung (Rp 550 juta), Jembatan Gebyak Tanjungtirto (Rp 400 juta), Jembatan Winong (Rp 600 juta), Jembatan Pamotan (Rp 1,4 miliar, Jembatan Lingkar Bantur (Rp 1,5 miliar), Jembatan Wirotaman (Rp 700 juta) dan Jembatan Tamanasri (Rp 350 juta). Seluruh pembangunan jembatan itu batas akhir pendaftaran pelelangannya jatuh pada tanggal 25 Juni 2019.

 


Topik

Pemerintahan Dinas-PU-Bina-Marga romdhoni pembangunan-jembatan-di-Kabupaten-Malang LPSE-Kabupaten-Malang pemkab-malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Redaksi