Setiap tahun kendaraan terus bertambah dan beroperasi di jalanan (Ist)

Setiap tahun kendaraan terus bertambah dan beroperasi di jalanan (Ist)



MALANGTIMES - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang, terus mewujudkan slogan jalan mulus. Serta diikuti dengan semakin mengintensifkan peningkatan kualitas jalan kelas III di wilayahnya. 

Pasalnya, setiap tahun jumlah dan beban kendaraan yang melintasi jalan di wilayah Kabupaten Malang sepanjang 1.668,76 kilometer (Km), juga bertambah. Sehingga membuat jalan kelas III juga harus menyesuaikan kekuatannya setiap tahun.

Tercatat, jalan kabupaten (kelas III) yang merupakan ranah Dinas PU Bina Marga, setiap tahun dilewati berbagai kendaraan dengan jumlah dan beban yang kian meningkat. Sehingga jalan yang ada tidak mampu menahan beban berbagai kendaraan. 

Misalnya, kendaraan truk yang jumlahnya meningkat dari tahun 2016 sampai tahun 2017. Yaitu dari 30.434 unit menjadi 34.994 unit. Kendaraan alat berat pun mengalami kenaikan jumlah yang beroperasi di jalan kelas III Kabupaten Malang, yaitu dari 63 unit menjadi 72 unit.

Dengan peningkatan kendaraan truk setahun sebanyak 4.560 unit, maka dimungkinkan dalam rentang sekitar dua tahun ini pun mengalami peningkatan yang juga tinggi.

 “Kita tidak menutup kemungkinan itu. Karena pembangunan juga terlihat masif di wilayah Kabupaten Malang. Sehingga akan berdampak juga pada lalulalang kendaraan yang juga tinggi sebagai moda transportasi mendukung pembangunan itu,” kata Romdhoni, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Jumat (21/06/2019).

Kondisi meningkatnya kendaraan itulah yang membuat beberapa ruas jalan di tahun 2019 terus ditingkatkan. Misalnya di ruas jalan Kepanjen sampai Karangduren, Pakisaji atau di jalan Talangagung, Kepanjen.

“Tanpa adanya peningkatan kualitas jalan, maka jalan di Kabupaten Malang akan cepat rusak dengan semakin tingginya kendaraan dan beban yang juga bertambah setiap tahunnya. Belum faktor cuaca yang kerap membuat beberapa ruas jalan juga mudah tergerus dan rusak,” ujar Romdhoni.

Untuk mengimbangi bertambahnya jumlah kendaraan setiap tahunnya, khususnya jenis truk dan kendaraan alat berat. Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang mengalokasikan anggaran pembangunan dan peningkatan jalan di tahun 2019 sebesar Rp 117,2 miliar untuk seluruh wilayah di Kabupaten Malang.

Walau menurut Romdhoni, anggaran untuk pembangunan dan peningkatan jalan tersebut, masih belum ideal dengan panjang jalan yang ada di Kabupaten Malang. Sehingga untuk berbagai ruas jalan yang tidak terlalu padat dilewati kendaraan berat, anggaran pemeliharaan dijadikan solusi menyikapi persoalan jalan.

“Kita punya 7 UPTD yang dikawal dengan anggaran pemeliharaan di lokasi wilayahnya masing-masing. Dengan kisaran per UPT sebesar Rp 1,5 miliar sampai Rp 2,9 miliar,” terangnya.

Selain anggaran tersebut, Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang juga memiliki pos anggaran untuk kegiatan rehabilitasi jalan dengan anggaran Rp 106 miliar.

 “Tentunya juga kita juga mempergunakan anggaran bantuan dari pemerintah pusat juga dalam mewujudkan jalan mulus dan kuat di wilayah Kabupaten Malang ini,” pungkasnya.

End of content

No more pages to load