Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Harga Emas Melonjak di Pasar Global, Pembelian di Malang Lesu

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : A Yahya

20 - Jun - 2019, 18:52

Emas batangan mengalami kenaikan harga karena terpengaruh suku bunga internasional. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Emas batangan mengalami kenaikan harga karena terpengaruh suku bunga internasional. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Harga emas di pasar global mencatatkan rekor terbaru, hari ini (20/6/2019). Harga logam mulia tersebut melonjak ke level tertinggi dalam lima tahun terakhir. Di sisi lain, pembelian emas baik emas perhiasan maupun emas batangan di daerah cenderung lesu pascalebaran, termasuk di Kota Malang. 

Baca Juga : Harga Gula Kembali Meroket, Operasi Pasar Bakal Jadi Solusi Pemerintah Kabupaten Malang

Dilansir oleh CNBC, kenaikan harga emas tersebut terjadi setelah Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve (The Feed) mengisyaratkan kemungkinan terjadinya penurunan suku bunga akhir tahun ini. Harga emas di pasar spot naik 1,3 persen pada posisi 1.377,41 dollar US per ons. Sedangkan emas berjangka AS, melonjak 3 persen menjadi 1.397,70 dollar US per ons. 

Sementara itu, harga emas domestik produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) juga mengalami kenaikan. Hari ini (20/6/2019) per gram emas dibanderol Rp 694 ribu atau naik Rp 10 ribu dibanding hari sebelumnya. Senior Sales Bulan Purnama Pasar Besar Malang, Yuli Anto mengungkapkan bahwa harga emas sangat terpengaruh oleh pasar global. 

Menurut Yuli, transaksi emas memasuki minggu ketiga Juni 2019 ini didominasi oleh jual kembali (buyback) dari masyarakat. "Pasca lebaran, hasil penjualan turun karena dampak ekonomi Indonesia cenderung melemah di tingkat global. Harganya juga ikut terkerek naik," sebutnya.

Baca Juga : Pertama Kalinya di Malang Ada Studio Apartemen Luas Harga Termurah Hanya di Kalindra

Selain itu, faktor kondisi sosial juga berpengaruh pada volume jual-beli. Kebutuhan biaya pendidikan, lanjut Yuli, ditengarai menjadi alasan banyak masyarakat yang menjual kembali simpanan emasnya. "Sekarang yang berpengaruh pada transaksi di toko emas ini karena mulai masuk tahun ajaran baru. Emas ini kan investasi jangka panjang. Nanti bisa dijual lagi, bisa saja untuk jaga-jaga biaya sekolah," tuturnya. 

"Transaksi jual kembali emas naik sekitar 15 persen. Setelah hari raya, sekitar H+10 banyak yang jual, mereka jual untuk musim nikah dan sekolah. Untuk harga emas perhiasan, dibanding kemarin naik Rp 5 ribu dari Rp 605 ribu menjadi Rp 610 ribu per gram," urainya. 


Topik

Ekonomi malang berita-malang Harga-emas pasar-global Bank-Sentral-Amerika-Serikat Federal-Reserve PT-Aneka-Tambang-Tbk


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

A Yahya