PDAM Rencana Manfaatkan Air Sungai, DLH Kota Malang Bakal Lakukan Studi Kelayakan

Jun 20, 2019 17:05
Ilustrasi (istimewa)
Ilustrasi (istimewa)

MALANGTIMES - PDAM rencana manfaatkan air sungai, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang bakal lakukan studi kelayakan. Hal itu rencananya akan dilakukan di beberapa titik yang memang telah disiapkan untuk dimanfaatkan sebagai air baku.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi menyampaikan, sebelum memanfaatkan air sungai sebagai air bersih memang dibutuhkan proses pengelolaan yang baik dan benar. Sehingga kajian harus bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas dan kadar air di masing-masing sungai.

Baca Juga : Terkuak, Data Petani Terkena Limbah Greenfields Sejak Tahun Lalu Telah Dilaporkan, Tapi...

"Bisa pasti bisa, tapi semua memang harus berproses dan dikaji terlebih dulu," katanya belum lama ini.

Karena air yang akan dimanfaatkan sebagai bahan baku air bersih menurutnya juga masih harus memperhatikan kebutuhan masyarakat di bidang lainnya. Diantaranya seperti kepentingan irigasi misalnya. Sehingga dampak lingkungan dapat diketahui sebelum proses pemanfaatan air sungai dapat dilaksanakan dan direalisasikan.

"PDAM pasti juga memiliki kajian tersendiri dalam pemanfaatan air permukaan, ini juga bisa mengurangi ketergantungan pada sumber air yang jumlahnya terus berkurang," paparnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Malang, Ditto Arief menilai upaya Pemkot Malang memanfaatkan air sungai sebagai bahan baku air bersih patut didukung. Hal itu juga menjadi salah satu dasar untuk menciptakan alternatif baru dengan ketergantungan atas sumber air.

Politisi PAN ini juga mendorong Pemkot Malang untuk memanfaatkan dengan baik beberapa potensi sumber air yang ada di kawasan Kota Malang sendiri. Di antaranya seperti sumber air di kawasan Merjosari yang memang sudah beberapa kali menjadi pembahasan sendiri antara Pemkot Malang dan DPRD Kota Malang.

Baca Juga : Hama Tikus Bikin Buntung, Dinas Pertanian : Alat Bantuan Masih Terkendala Lelang

"Pemanfaatan HIPPAM (Himpunan Penduduk Pengguna Air Minum) juga perlu untuk lebih dimaksimalkan. Karena banyak dibangun di area pemukiman dan cukup potensial," imbuhnya.

Meski begitu, ia juga menyarankan agar permasalahan pemanfaatan sumber air yang melibatkan Kota Malang dan Kabupaten Malang dapat diselesaikan dengan baik. Karena Kota Malang dan Kabupaten Malang menjadi daerah yang tentunya bisa saling mendukung satu dengan lainnya.

Topik
MalangBerita MalangPDAMDinas Lingkungan HidupDPRD Kota MalangDitto Arief

Berita Lainnya

Berita

Terbaru