MALANGTIMES - Lagi, Pemerintah Kota Malang disentil terkait penyelesaian pasar tradisional. Pemkot pun diminta untuk mencari upaya untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul. Sehingga pedagang dan investor dapat menemui titik terang.

Anggota DPRD Kota Malang Fraksi PAN, Lookh Mahfud menyampaikan, permasalahan pasar tradisional seperti Pasar Blimbing, Pasar Besar hingga Pasar Gadang harus segera dicarikan jalan keluar. Karena memang sudah berlarut terlalu lama dan banyak menimbulkan reaksi dari pedagang dan investor.

"Pemkot Malang harus segera mencarikan jalan keluar untuk pedagang dan investor di beberapa pasar seperti Pasar Blimbing, Pasar Besar, hingga Pasar Gadang," katanya dalam sidang Paripurna yang digelar belum lama ini.

Mahfud menyampaikan, masalah yang berkaitan dengan pasar tradisional itu harus menjadi perhatian khusus dari Pemkot Malang. Karena pasar menjadi salah satu tempat perputaran ekonomi yang banyak digantungkan oleh masyarakat.

"Ini harus jadi perhatian dan catatan," tegas Mahfud.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan jika upaya penyelesaian pasar tradisional terus dilakukan. Pemkot Malang beberapa kali juga telah melakukan komunikasi dengan investor dan pedagang untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul.

"Itu sudah menjadi prioritas kami," tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang, Wahyu Setianto juga menyampaikan jika revitalisasi Pasar Blimbing hingga masih dalam tahap fasilitasi dengan Komisi A DPRD Kota Malang. Karena saat ini terdapat perbedaan pendapat berkaitan dengan masa pengelolaan pasar oleh investor.

"Investor menghendaki pengelolaan pasar nantinya 30 tahun setelah bangunan fisik jadi. Sementara dalam aturannya dijelaskan jika masa pengelolaan itu 30 tahun setelah perjanjian kerjasama (PKS) ditandatangani. Sedangkan PKS Pasar Blimbing sudah 2009 lalu," jelas Wahyu.