MALANGTIMES - Kota Malang bakal segera menjajaki sister city dengan Kabupaten Trenggalek untuk memperkuat ekonomi. Targetnya, tahun ini akan dilakukan MoU (nota kesepahaman)  dan implementasi kerja sama dapat berjalan pada 2020 mendatang.

Hal itu menyusul pertemuan yang baru saja dilakukan Wali Kota Malang Sutiaji dengan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak. Dari hasil pertemuan itu, Pemerintah Provinsi Jatim pun bersedia menjembatani dilaksanakannya program sister city yang melibatkan beberapa daerah di Jatim dan Indonesia.

"Dengan Trenggalek, kami masih akan lakukan penjajakan dan difasilitasi oleh Pemprov Jatim," jelas Sutiaji kepada wartawan di tengah kegiatan halalbihalal yang digelar di halaman Balai Kota Malang, Senin (10/6/2019).

Pria berkacamata ini menjelaskan, ada banyak program yang bisa dilaksanakan dalam program sister city tersebut. Terutama untuk menggali potensi yang dimiliki di setiap daerah. Di antaranya pengelolaan tepung tapioka.

Saat ini Trenggalek menjadi salah satu daerah penghasilan singkong terbaik dan terbanyak untuk dijadikan tepung tapioka. Sedangkan Kota Malang sendiri juga memiliki kebutuhan yang lumayan besar untuk pemenuhan tepung tapioka.

"Sehingga nanti bisa kerja sama. Tepung tapioka diproduksi oleh BUMD Trenggalek dan kami bisa membelinya dengan harga yang bersahabat. Begitu juga sebaliknya, Kota Malang bisa menawarkan keunggulan yang lain utnuk saling menopang perekonomian antardaerah," jelas politisi Demokrat itu.

Bukan hanya dengan Trenggalek. Kemungkinan kerja sama sister city itu juga sangat mungkin dilaksanakan dengan daerah lain, baik di daerah Jawa Timur sendiri maupun daerah lainnya. Sulawesi misalnya, yang sebelumnya juga sudah sempat berbincang dengan Pemkot Malang berkaitan dengan kemungkinan kerja sama.

"Nanti kerja sama itu bisa dilaksanakan tidak hanya dengan Trenggalek, tapi juga banyak daerah lain," ucap Sutiaji.

Sebelumnya, Kota Malang memang aktif melakukan program sister city dengan berbagai daerah, baik di dalam ataupun luar negeri. Salah satunya kerja sama sister city yang dilakukan dengan Guangzhou (China) untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kedua kota tersebut.