foto: Malangtimes.com
foto: Malangtimes.com

MALANGTIMES - Selama bulan suci Ramadan tidak menghalangi masyarakat untuk melakukan aksi donor darah. Kurang lebih satu bulan itu Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu telah mengumpulkan 98 kantong darah.

Untuk bisa mendapatkan 98 kantong darah itu selama pelaksanaan donor darah di Kantor PMI Kota Batu para pendonor mendapat 5 kilogram beras. Pembagian beras itu itu hanya selama bulan suci Ramadan. “Kenapa kita memberikan beras? Supaya mampu menarik pendonor selama bulan Ramadan, sehingga sebagai pengganti minuman dan makanan dengan beras,” Sekretaris PMI Kota Batu, Abdul Muntholib kepada batutimes.com.

Dengan demikian dari 98 kantor darah yang terkumpul, PMI Kota Batu juga membagikan sekitar 480 kilogram beras.

Ia menjelaskan selama bulan Ramadan ini PMI Kota Batu telah menggelar donor darah tiga kali. Dalam pelaksanaan donor darah  digelar sejak pukul 17.00-20.30 WIB. Donor darah dilakukan bekerja sama dengan PMI Kabupaten Malang.“Kita tetap ada kerjasama melihat sampai saat ini Kota Batu belum memiliki fasilitas Unit Transfusi Darah (UTD),” imbuhnya.

Selama tiga kali membuka donor darah itu 98 kantong darah yang terkumpul, rinciannya donor darah pertama terkumpul 42 kantong, kedua 36 kantong, dan kemarin 20 kantong darah.

Sedang hingga bulan Januari hingga Mei ini, PMI Kota Batu telah mengumpulkan sekitar 750 kantong darah. Dengan kegiatan donor darah yang telah dilakukan sebanyak 28 kali.