Petugas yang melakukan patroli dikawasan perumahan (Polsek Lowokwaru)
Petugas yang melakukan patroli dikawasan perumahan (Polsek Lowokwaru)

MALANGTIMES - Kawasan Lowokwaru, saat ini banyak ditinggalkan warga maupun para pendatang. Kebanyakan mereka adalah mahasiswa yang mudik ke kampung halaman. Sehingga dari situ, banyak sekali rumah-rumah yang kosong dan rentan menjadi sasaran pelaku kejahatan. 

Karenanya, pihak Polsek Lowokwaru, saat ini tengah fokus dalam melakukan patroli rumah kosong 24 jam. Patroli tersebut, dengan keliling ke kawasan permukiman yang ditinggal pemiliknya.

Bahkan dalam patroli sendiri, petugas yang turun lapangan juga menggunakan senjata lengkap untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. "Ini menjadi atensi. Patroli menggunakan senjata lengkap, sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Patroli dilakukan selama 24 jam secara bergiliran, setiap patroli terdapat dua personel yang bertugas," ungkap Kapolsek Lowokwaru, Kompol Pujiono ketika diwawancarai MalangTIMES.com, di Polsek Lowokwaru (1/6/2019).

Lebih lanjut dijelaskannya, Patroli 24 jam mulai dilakukan sudah sejak beberapa waktu bertepatan dengan liburnya  mahasiswa. Namun sampai saat ini, dari hasil patroli yang ada, situasi masih berjalan dengan kondusif tanpa adanya gangguan yang perlu dikhawatirkan. "Namun meskipun aman, kan kita tetap harus waspada, tidak boleh menganggap remeh situasi," papar pria ramah berkacamata ini.

Untuk menekan tindak kejahatan, pihak Polsek Lowokwaru juga memasang spanduk-spanduk yang berisi imbauan mengenai kewaspadaan terhadap tindakan curanmor maupun spanduk berisi tentang peringatan agar menjauhi narkoba.

Ia juga menyampaikan, selain melakukan patroli rumah kosong, pihaknya juga melakukan patroli di kawasan keramaian yang juga terdapat kerawanan terjadi kejahatan. Seperti kawasan pertokoan, mal, toko emas, kawasan yang terdapat mesin ATM. "Pokoknya semua tempat kami susuri. Di situ anggota juga sembari menjaring informasi mengenai situasi dan kondisi keamanan sekitar," pungkasnya.