foto : malangtimes.com
foto : malangtimes.com

MALANGTIMES - Libur lebaran datang, penumpukan sampah pasti akan terjadi. Terlebih kota Batu merupakan tempat wisata yang dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru daerah. Karena itu petugas  kebersihan akan siaga selama libur lebaran mendatang.

Petugas yang akan dikerahkan itu dua kali lipat dari biasanya. Ya jika biasanya hanya 125 petugas yang keliling di Kota Batu kini bertambah menjadi 250 petugas kebersihan. “Kalau libur panjang kita tetap stand by terutama bagi petugas tenaga kebersihan untuk keliling Kota Batu. Karena dipastikan volume sampah naik,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Arief As Siddiq kepada batutimes.com.

Ia menjelaskan, saat libur lebaran terdapat peningkatan jumlah wisatawan yang berimbas pada bertambahnya sampah terutama di daerah yang didatangi wisatawan.

Jumlah penambahan sampah yang cukup banyak itu dipastikan terjadi di Alun-Alun Kota Batu. Melihat di sana merupakan daerah jujukan wisatawan. “Jadi selama Lebaran petugas kebersihan siap mengatasi penumpukan sampah. Dan kami memastikan tenaga kebersihan stand by dan beroperasi seperti biasanya,” imbuhnya.

Menurutnya nanti selama Lebaran diprediksi ada peningkatan volume sampah. Peningkatan volume sampah itu mencapai 90 ton per harinya. “Dari hari biasa sampah masuk di TPS itu  60-70 ton di hari bisa menjadi 90 ton," tambah Arief.