Anggota Polsek Lowokwaru, saat melakukan patroli (Polsek Lowowkwaru)

Anggota Polsek Lowokwaru, saat melakukan patroli (Polsek Lowowkwaru)



MALANGTIMES - Progam One Day One Friend gagasan Polsek Lowokwaru, nampaknya memang berhasil menekan angka kejahatan baik itu pembobolan rumah maupun kejahatan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).  

Sebab, diungkapkan Kapolsek Lowkwaru, Kompol Pujiono, saat ini laporan mengenai kehilangan kendaraan bermotor, sudah jauh berkurang dari pada beberapa bulan sebelumnya.

"Saat ini, sehari saja belum tentu ada. Kalau waktu dulu saya awal-awal masuk ke sini, laporannya banyak sekali, bahkan kadang sehari bisa sampai delapan laporan kehilangan sepeda motor. Dari situ saya akhirnya berinisiatif untuk melakukan evakuasi dan pengamatan lapangan, serta menerapkan program Ngobrol Pintar (Ngopi)," jelasnya (1/6/2019).

Setelah melakukan evaluasi lapangan, kemudian pihaknya melakukan kordinasi dengan masing-masing jajaran, baik itu Reskrim maupun Sabhara. 

Di situ, digali sejauh mana komitment untuk menanggulangi kasus-kasu kejahatan seperti curanmor.

"Kami kordinasi bersama per unit, apa saja pendapatnya, apa saja kendalanya, dan sejauh mana upayanya dalam menanggulangi kasus. Kemudian berkembanglah sebuah program one day one friend, yang lebih spesifik lagi," bebernya.

Pada progam tersebut, pihaknya lebih mengedepankan pendekatan berdiskusi dengan masyarakat, sembari memberikan pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). 

Setiap harinya satu orang diajak berdiskusi sekaligus sharing informasi mengenai situasi sekitar.

"Dengan begitu, setiap hari satu orang menerima pesan kamtibmas dan tentunya orang yang akan menerima pesan Kamtibmas itu, juga akan menyebarkan lagi ke masyarakat lain, sehingga mereka akan lebih berhati-hati lagi," bebernya.

Selain itu, pihaknya juga berharap, agar masyarakat sendiri lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya, terlebih lagi mengenai kemanan lingkungan.

"Jangan acuh, sama-sam saling menjaga. Sehingga semua bisa aman terkendali. Kalau ada hal yang mencurigakan jangan segan segera lapor, demi keamanan dan kenyamanan bersama," pungkasnya.

 

End of content

No more pages to load