Optimis Raih Adipura Tahun 2019, Pemkot Batu Maksimalkan Perbaikan Titin Rawan

MALANGTIMES - Beberapa tahun terakhir Pemkot Batu gagal meraih piala Adipura. Agar tahun 2019 ini sukses meraihnya, beberapa fasilitas penunjang penilaian itu terus dikebut.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu berupaya melakukan peningkatan berbagai fasilitas untuk persiapan Adipura. Beragam cara mulai dipersiapkan.

Yakni penambahan fasilitas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Tlekung, Kecamatan Junrjeo. Penambahan fasilitas di TPA Tlekung itu dengan pengadaan mesin insenator senilai Rp 5 miliar.

Kemudian jembatan timbang senilai Rp 300 juta, juga pembangunan tempat pencucian truk sampah. Lalu penambahan veritical garden yang sudah terpasang di beberapa titik.

Hingga menghadirkan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di setiap RW. Untuk saat ini Kota Batu telah memiliki 4 TPST.

Yang ditargetkan pada tahun ini ada 11 TPST yang akan dibangun. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, empat TPST yang telah dibangun tersebut ada di Kelurahan Dadaprejo, Kelurahan Temas, Desa Tulungrejo, dan Desa Pandanrejo.

“Sedangkan 7 TPST ditargetkan tahun ini yang belum dibangun akan masuk dalam paket lelang,” kata Arief.

Ia menjelaskan, tahun 2019 ini optimis bisa meraih Piala Adipura. Melihat pada tahun 2018 lalu Kota Batu sukses meraih sertifikat Adipura untuk kedua kalinya.

“Kami optimis tahun ini kita bisa dapat Adipura, karena itu kita kebut penyempurnaan fasilitas dengan maksimal,” imbuhnya.

Titik rawan yang menjadi sorotan itu seperti jembatan yang biasa digunakan masyarakat membuang sampah. Sehingga dilakukan dengan pemasangan vertikal garden.

“Harapan kami semua yang kurang di penilaian tahun lalu bisa dimaksimalkan di tahun ini,” harap mantan Camat Batu ini.

Top