Lima Masjid Mengapung Bikin Ibadah Khusyuk, Salah Satunya di Indonesia

Jun 07, 2019 09:14
Malacca Straits Mosque, Melaka Malaysia (istimewa)
Malacca Straits Mosque, Melaka Malaysia (istimewa)

MALANGTIMES - Masjid adalah rumah ibadah umat muslim, dan biasanya masjid terletak di daratan. Ternyata masjid terapung di atas laut bisa kita jumpai di beberapa negara termasuk di Indonesia.

Baca Juga : MUI Sebut Puasa Ramadan Bentengi Diri dari Covid-19, Imbau Ibadah di Rumah

Dengan keindahan laut di sekitarnya membuat masjid-masjid ini terlihat sangat indah. Bisa dibayangkan bagaimana khusyuknya beribadah dengan deburan angin dari laut.

Berikut 5 masjid terapung di laut yang sangat menakjubkan.

1. Masjid Fatimah Jeddah

Masjid Fatimah di Jeddah adalah masjid terapung di laut yang paling terkenal di Arab Saudi. Selain itu juga menjadi salah satu tujuan wisata jamaah haji seluruh dunia. 

Berada di pinggiran Laut Merah, sebenarnya hanya sebagian bangunan masjidnya yang berada di atas laut. Namun saat Laut Merah sedang pasang, pemandangan Masjid Fatimah benar-benar terapung di atas laut.

Luas Masjid Fatimah berukuran 20x30 meter persegi. Interior bagian dalamnya yang didominasi kaligrafi menambah kecantikan masjid ini.

Namun masjid ini kini lebih dikenal dengan sebutan Masjid Al-Rahma. Nama ini sengaja dipakai untuk mencegah kesalahpahaman wisatawan, dikarenakan banyak beranggapan kalau masjid tersebut berkaitan dengan Fatimah, salah satu putri Rasulullah.

2. Malacca Straits Mosque, Melaka Malaysia

Adalah salah satu masjid terapung di Pulau Melaka yang patut diacungi jempol. Masjid ini berada di sisi laut dan terpisah dari pulaunya negeri Malaysia, namun pulau kecil ini masih dalam teritori Melaka.

Masjid yang mulai diresmikan pada tahun 2006 silam ini menempati lahan seluas 1,8 hektar dan mampu menampung 2000 jemaah.

Jika dilihat sepintas, masjid ini mirip dengan masjid terapung di Jeddah yang memang dari masjid itulah inspirasi pembangunannya berasal.

Masjid Melaka akan lebih menarik saat malam tiba. Komposisi lampu yang serasi memberikan efek penerangan yang begitu indah. Selain itu lampu dari menara setinggi 30 meter dari masjid ini juga digunakan sebagai pedoman kapal yang berlayar di Selat Melaka.


3. Masjid Haji Ali Dargah, Mumbai India

Masjid Haji Ali Dargah merupakan landmark Kota Mumbai yang sangat bersejarah sebagai destinasi wisata religi di India.

Masjid ini sudah berdiri sejak abad ke 19 atau tepatnya pada tahun 1431. Hingga kini usianya sudah mencapai ratusan tahun.

Baca Juga : MUI Sebut Puasa Ramadan Bentengi Diri dari Covid-19, Imbau Ibadah di Rumah

Masjid yang memiliki luas bangunan mencapai 4.500 meter persegi dan tingginya sekitar 25 meter ini juga punya area yang disebut Qawwal Khana. Di tempat itu, para peziarah bisa berkumpul dengan sanak saudara mereka sembari bersilaturahmi sebelum masuk area makam.

Keunikan masjid ini adalah adanya penghubung jembatan dari pinggiran pantai, ya masjid ini benar-benar terapung di tengah laut.

4. Masjid Amirul Mukminin, Makassar Indonesia

Masjid ini disebut-sebut sebagai masjid terapung pertama yang ada di Indonesia. Masjid ini berdiri di kawasan pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.

Sebuah masjid terapung yang didominasi warna putih dan abu-abu, serta berada di Teluk Makassar, tepatnya 1 km dari anjungan Pantai Losari.

Dibangun pada tahun 2009, masjid kebanggaan masyarakat Makassar itu diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada 21 Desember 2012.

Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid 99 Al Makassari. Yang terdiri dari beberapa lantai, di lantai 2 adalah tempatnya para jamaah wanita dan lantai dasarnya adalah tempat jamaah pria.

Selain beribadah dan menikmati keindahan masjidnya, masjid ini juga menawarkan pemandangan sunset yang romantis sempurna.

5. Masjid Al Munawar, Ternate Indonesia

Masjid Munawar adalah landmark terbaru dari kota Ternate Maluku Utara. Berada di pusat kota masjid ini berada di pinggiran pantai dan dua menara yang dimilikinya memiliki pondasi yang ditancapkan ke dasar laut.

Perairan di sekitar masjid Al Munawar pun berwarna biru jernih, anda bisa dengan jelas melihat ikan-ikan yang ada di bawah permukaan airnya.

 

Topik
masjid apungmasjid terapung di indonesiamasjid terapung di dunia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru