MALANGTIMES - Beberapa fasilitas disiapkan bagi para pemudik Lebaran di Kota Batu. Ada 8 pos yang disediakan oleh Polres Batu dalam Operasi Ketupat Semeru 2019 ini, yakni 6 pos pengamanan dan 2 pos pelayanan.

Enam pos pengamanan (pos pam) antara lain berdiri di simpang empat Ir Soekarno, Jl Dewi Sartika, Kecamatan Ngantang, Kecamatan Kasembon, dan simpang tiga Taman Rekreasi Selecta (Desa Tulungrejo).

Sedangkan dua pos pelayanan (pos yan)  ada di Alun-Alun Kota Batu dan di simpang empat Desa Pesanggrahan.  Di pos-pos ini, nantinya akan ada pelayanan yang menggandeng beberapa pihak.

Di sana nanti akan ada tenaga medis beserta sarana dan prasana. Pos tersebut juga menyediakan mobil derek dan servis kendaraan.

“Iya kami menggandeng masyarakat juga karena terkadang ada membutuhkan untuk permasalahan kendaraan,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Batu AKP Diyana Suci Listyawati.

Ia menambahkan bahwa Polres Batu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu menyiagakan puluhan tenaga kesehatan di sejumlah posko pengamanan.

“Puluhan tenaga kesehatan itu akan bekerja mulai H-7 Lebaran ini. Untuk meminimalisasi kelelahan para pemudik, kami siagakan petugas kesehatan di posko pengamanan mudik,” imbuhnya.

Petugas kesehatan tersebut berasal dari rumah sakit (RS) di Kota Batu serta tenaga medis dari puskesmas dan Palang Merah Indonesia.

Diperkirakan puncak arus lalu lintas di Kota Batu terjadi pada H-3 Lebaran mendatang. Titik kemacetan diperkirakan  akan terjadi di daerah persimpangan.