Wabup Malang Sanusi ingatkan GP Ansor agar tetap menjaga NKRI.(Humas for MalangTIMES)
Wabup Malang Sanusi ingatkan GP Ansor agar tetap menjaga NKRI.(Humas for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wakil Bupati (Wabup) Malang Sanusi secara lugas mengingatkan Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Malang  jangan sampai jemawa dengan segala keberhasilan yang diraih atau dibangunnya.

Hal ini disampaikan Sanusi  di hadapan seluruh kader GP Ansor Kabupaten Malang dalam sebuah acara buka puasa bersama di rumah dinas Wabup Malang, Kamis (30/05/2019). "Jangan sampai jemawa dengan berbagai keberhasilan yang digapai. Wajib tetap rendah hati tapi tegas bersikap dalam menjaga kedaulatan NKRI," ucap Sanusi yang melanjutkan, sikap rendah hati merupakan ajaran para ulama yang patut terus dijalankan.

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

Pesan kuat dari Sanusi kepada GP Ansor Kabupaten Malang, yang merupakan organisasi sayap NU, didasarkan pada berbagai tantangan di masa depan. Yakni menjaga dan melindungi NKRI dari berbagai rongrongan dari dalam dan luar, semakin membutuhkan soliditas, persatuan kesatuan, serta bertindak dengan santun dan arif dalam menghadapinya.

"Hal itu membutuhkan sikap rendah hati dan saya yakin GP Ansor memilikinya. Ini juga yang membuat Pemilu 2019 di Kabupaten Malang berjalan kondusif. Salah satunya adalah peran GP Ansor dalam ikut serta menjaga seluruh kegiatan pemilu," ujar Sanusi.

Wabup juga berharap GP Ansor jangan sampai terlena dan akhirnya jemawa dengan segala peran dan kiprahnya selama ini dalam menjaga kedaulatan NKRI.  Dirinya juga meminta GP Ansor untuk semakin aktif dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Malang serta meminta GP Ansor menjadi bagian dalam memperlancar proses-proses komunikasi lintas sektoral, seperti yang dilakukannya dalam Pemilu 2019.

"Dalam peristiwa politik itu, GP Ansor menunjukkan kemampuannya membangun komunikasi lintas sektoral. Dari kepolisian, TNI, ormas, penyelenggara pemilu dan lainnya. Mereka berhasil melaksanakannya," ucap Sanusi memberikan apresiasinya kepada GP Ansor Kabupaten Malang.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Politikus PKB yang digadang-gadangkan maju kembali dalam kontestasi pilkada sebagai bakal calon bupati 2020 ini juga berharap banyak agar seluruh perpecahan akibat perbedaan dalam Pemilu 2019 bisa diselesaikan. Sebab, kata Sanusi, tidak ada faedah bagi masyarakat, bangsa dan negara bila persoalan Pemilu 2019 terus dikobarkan di luar jalur konstitusi.

"Maka, biarkan lembaga-lembaga konstitusi bekerja untuk menyelesaikannya. Percayakan kepada mereka keputusannya. Jangan sampai ekses pemilu terus menjadi pertentangan tak berkesudahan," pungkas Sanusi.