Antisipasi Kemacetan Libur Lebaran, Traffic Light Dibenahi

May 31, 2019 13:55
Traffic light di perempatan Blimbing, Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Traffic light di perempatan Blimbing, Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Libur Lebaran banyak dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk mudik atau pulang kampung. Bahkan tak jarang mereka juga memanfaatkan momen hari kemenangan tersebut untuk berlibur ke tempat-tempat wisata.

Karena itu, sebagai salah satu kota dengan destinasi wisata yang menarik perhatian, berbagai cara antisipasi dilakukan Pemkot Malang untuk kenyamanan pengunjung.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang bersiaga mengatur kelancaran arus kendaraan musim arus mudik Lebaran hingga arus balik mendatang. Mulai dari mengurai kemacetan dan melakukan pengecekan traffic light.

"Traffic light diservis dan dirawat supaya Lebaran ready. Kami cat ulang. Juga dicek jangan sampai saat hari raya nanti malah ada yang tidak berfungsi," ujar Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Malang Agoes Moeliadi, Jumat (31/5).

Perbaikan dan pengecekan tersebut dilakukan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan yang menyebabkan macet. Dishub juga mengatur penyesuaian waktu siklus lampu lalu lintas.

"Jadi, dilakukan penyesuaian waktu siklus lampu lalu lintasnya. Nah, itu nanti disesuaikan dengan volume kendaraan yang ada saat masuk libur Lebaran. Jadi, tidak ada gangguan waktu Hari Raya Idul Fitri," imbuh dia. 

Tak hanya itu. Beberapa titik rawan macet juga telah dipetakan untuk libur Lebaran mendatang. Bahkan, sebanyak 150 personel telah siap untuk berjaga di beberapa titik, termasuk di pos pengamanan dan pos pelayanan.

Ia berharap, saat libur Hari Raya Idul Fitri, para pemudik tidak mengalami kendala ketika berkunjung ke Kota Malang. "Mudah-mudahan perjalanan mudik aman, nyaman dan lancar tidak ada gangguan," pungkas dia.

Topik
MalangBerita MalangTraffic LightDinas Perhubungan Kota MalangHari Raya Idul FitriPemkot Malangarus mudik lebaran

Berita Lainnya

Berita

Terbaru