Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyampaikan bahwa arus mudik Lebaran sudah berlangsung sejak Jumat (31/5/2019). Meski begitu, dia optimistis kemacetan yang bisanya terjadi di jalur Malang menuju Surabaya akan mengalami pengurangan cukup signifikan.

Hal itu dirasakan sejak beroperasinya tol Malang Pandaan (Mapan) yang dinilai memberi dampak lumayan besar pada pengurangan penumpukan kendaraan di beberapa wilayah yang sebelumnya selalu padat dan macet. Sementara  beberapa pintu eksisting tol yang dimungkinkan terdampak, menurut dia, harus segera diakali.

Baca Juga : Tanggapan Resmi Gojek dan Grab soal Fitur Ojek Online yang Hilang dari Aplikasi

"Dan kami dengar, operasional tol Mapan sudah sampai ke Pakis. Itu artinya, bisa mengurai kemacetan di eksisting pintu tol Singosari yang ada di Karanglo," jelasnya.

Dia menerangkan, operasional tol sampai ke arah Pakis akan sangat mengurangi titik kemacetan. Sehingga dia berharap agar tol dapat difungsikan hingga ke arah Pakis. Sebab, selama ini, pintu keluar di tol Singosari ditakutkan menyebabkan penumpukan kendaraan di kawasan Karanglo menuju Kota Malang.

Sementara itu, berdasarkan pantauan MalangTIMES, arus dari Kota Malang dan dari Surabaya tampak lengang. Jalan di kawasan Singosari hingga pusat Kota Malang tampak ramai dan lancar sampai dengan pukul 12.30 WIB.

Baca Juga : PSBB Jakarta, 5 Perjalanan KA Jarak Jauh Daop 8 Surabaya Dibatalkan

Beberapa kendaraan keluar dan masuk ke pintu tol Singosari dengan tertib tanpa ada penumpukan yang terlalu panjang. Tak sedikit pula kendaraan yang memanfaatkan underpass dan mengurangi beban kendaraan, dan arus pun tampak lancar.