Keindahan Gunung Bromo saat erupsi pada Maret 2019 lalu. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

Keindahan Gunung Bromo saat erupsi pada Maret 2019 lalu. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)



MALANGTIMES - Menyemarakkan momen libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H atau libur Lebaran 2019 ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI memunculkan program #PesonaMudik. Di akun Instagram resmi Kemenpar, para pemudik dan pelancong bisa melihat referensi tempat wisata, kuliner dan event-event menarik di sejumlah daerah di Indonesia. 

Tiap unggahan, Kemenpar mencantumkan daftar top destinasi masing-masing daerah. Di antaranya yang ada di Kabupaten Tuban, Kota Sawahlunto, Gresik, Banjarnegara, Cianjur, Bantul, Purbalingga, Subang, Gunung Kidul, dan Madura. Untuk wilayah Malang Raya, terdapat enam wisata alam yang masuk dalam daftar. 

MalangTIMES merangkum tiap destinasi berserta harga tiket masuk sebagai referensi. Berikut daftarnya.
 

1. Taman Nasional Gunung Bromo

Berada di perbatasan empat wilayah, yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, dan Kabupaten Pasuruan, Gunung Bromo memang sudah menjadi ikon wisata Jawa Timur. Tiket masuk Gunung Bromo bagi wisatawan Nusantara pada hari kerja saat ini Rp 29 ribu dan untuk hari libur Rp 34 ribu per orang. Sementara buat wisatawan mancanegara, tiketnya sebesar Rp 217.500 pada hari kerja dan Rp 317.500 pada hari libur.
 

2. Kampung Warna-warni Jodipan

Sejak platform media sosial berbasis foto seperti Instagram melejit, destinasi wisata yang instagramable pun menjadi primadona. Salah satunya yakni Kampung Warna-warni Jodipan (KWJ) yang berlokasi di Kecamatan Blimbing, Kota Malang. 

Lokasinya yang berada di tengah kota membuat wisatawan mudah mengaksesnya. Saat ini, harga tiket masuk KWJ adalah Rp 3 ribu per orang. Biaya ekstra perlu dikeluarkan untuk parkir, yakni Rp 2 ribu untuk sepeda motor, mobil Rp 5 ribu, dan bus wisata di kisaran Rp 15-25 ribu.
 

3. Wanawisata Coban Rondo 

Dalam daftar dari Kemenpar RI, Coban Rondo masuk untuk dua lokasi, yakni Taman Labirin dan air terjun. Wanawisata yang berlokasi di Kecamatan Pujon, Kota Batu, itu memang memiliki berbagai pilihan wisata. Selain menikmati kesegaran air terjun yang memiliki ketinggian 84 meter itu, juga dilengkapi dengan wisata keluarga seperti memberi makan rusa dan flying fox yang tiketnya dibanderol mulai Rp 10 ribu per orang. 

Sementara tiket masuknya yakni Rp 15 ribu di hari kerja dan Rp 18 ribu di hari libur untuk wisatawan Nusantara serta Rp 25 ribu di hari kerja dan Rp 30 ribu di hari libur untuk wisatawan mancanegara. 
 

4. Pantai Balekambang 

Pantai Balekambang sendiri merupakan ikon wisata Kabupaten Malang yang juga memiliki julukan Tanah Lot-nya Jawa Timur. Selain keindahan lansekapnya, pantai yang berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, itu juga memiliki pura peribadahan di tengah-tengah pulau kecil di lepas pantai yang bisa dikunjungi dengan berjalan kaki. Tiket masuk yang dipatok pengelola yakni Rp 15 ribu per orang. 
 

5. Pantai Batu Bengkung

Masih dari pesisir Kabupaten Malang, Pantai Batu Bengkung juga masuk rekomendasi Kemenpar RI. Kepopuleran pantai yang berciri khas memiliki gugusan karang melengkung ini mulai naik saat masuk di salah satu program petualangan salah satu televisi nasional. Untuk menikmati keindahannya, wisatawan cukup merogoh kocek dengan membeli tiket masuk Rp 10 ribu per orang.
 

6. Alun-Alun Kota Malang 

Kembali ke Kota Malang, ada satu wisata gratis yang masuk dalam daftar rekomendasi #PesonaMudik2019 Kemenpar RI, yakni alun-alun. Untuk diketahui, Kota Pendidikan ini sebenarnya memiliki dua alun-alun. Pertama yakni Alun-Alun Kotak atau Alun-Alun Merdeka yang berada di Jalan Merdeka. Berada di tengah pusat perbelanjaan, alun-alun tersebut juga berdampingan dengan Masjid Agung Jamik Kota Malang. 

Yang kedua adalah Alun-Alun Bunder atau Alun-Alun Tugu yang memiliki ikon tugu di pusatnya. Berada di depan Balai Kota Malang, wisatawan tak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk untuk mengunjunginya. 

 

End of content

No more pages to load