Wali Kota Malang Sutiaji (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Meski Lebaran segera tiba, aparatur sipil negara (ASN) masih belum bisa menikmati "hari  libur" dengan mudah. Pasalnya, pada  1 Juni besok, mereka masih harus mengikuti upacara peringatan Hari Pancasila.

Bahkan, untuk mengantisipasi ASN melakukan pelanggaran, Kementerian Sekretariat Negara mengeluarkan pengumuman bagi pejabat dan pegawai yang berada di luar Jabodetabek. Isinya yakni: pejabat dan pegawai yang berada di luar Jabodetabek mengikuti upacara di kantor pemerintah daerah sesuai keberadaan pejabat/pegawai dan wajib mengirimkan bukti foto kepada atasan masing-masing.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan akan mengikuti aturan yang telah diedarkan Kementerian Sekretariat Negara tersebut. "Seyogyanga begitu. Kemarin saya dapat WA dari seorang yang bekerja di Kementerian Sosial. Dia sudah kadung mudik, kemudian mohon izin untuk ikut upacara di lingkungan Pemkot Malang. Silakan saja. Penempatannya di mana belum tahu. Tapi yang penting ada selfienya dia upacara," ujar dia, Jumat (31/5).

Sedangkan bagi ASN di wilayah lingkungan kerja Pemkot Malang, Sutiaji masih belum mengetahui teknis pelaksanaan upacara peringatan Hari Pancasila tersebut. Apalagi jadwal cuti bersama baru dimulai  3 Juni mendatang.

"Yang jelas, sesuai edaran, bahasanya seluruh ASN. Harapannya, karena cuti bersama masih dimuali tanggal 3, semestinya izin untuk pulang ya di tanggal itu. Tanggal 1 kami masih berharap juga untuk masih jadi orang yang bisa melayani," tandasnya.