Ilustrasi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Malang saat mengikuti apel pagi. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Ilustrasi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Malang saat mengikuti apel pagi. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah menegaskan bahwa aparatur sipil negara (ASN) wajib  mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila, Sabtu 1 Juni 2019 besok.

Aturan itu  pun kembali ditegaskan oleh Wali Kota Malang Sutiaji. Dia menyebut ASN di lingkungan kerja Pemerintah Kota Malang wajib untuk hadir dan turut berpartisipasi dalam upacara peringatan tersebut. "Sabtu harus datang dan ikut upacara," ujarnya kepada wartawan belum lama ini.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto menambahkan, ASN yang tak hadir memenuhi undangan untuk ikut upacara akan dikenai sanksi. Namun, sanksi yang diberikan masuk dalam kategori ringan, yaitu teguran tertulis.

Dia menjelaskan, sanksi yang diberikan setiap daerah berbeda dan sesuai dengan kebijakan masing-masing. Sehingga sanksi yang diberikan Pemkot Malang memang berbeda dengan  yang diberikan Pemkot Batu ataupun Pemkab Malang yang akan memotong tunjangan THR.

"Itu harus ada peraturan wali kota (perwal). Kami tidak memiliki perwal yang mengatur sanksi sedemikian. Jadi, itu kebijakan daerah masing-masing," ucapnya.

Meski begitu, Wasto tetap menekankan agar ASN tetap datang mengikuti kegiatan upacara memperingati kelahiran Pancasila. Sebab, itu menjadi bagian tanggung jawab yang tak terpisahkan sebagai warga negara yang baik. "Nanti akan dilihat apa alasan ASN yang bersangkutan tidak hadir dan akan kami kroscek," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengimbau seluruh lembaga negara dan pemerintah daerah (pemda) seluruh Indonesia untuk melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni mendatang.

Imbauan tersebut disampaikan melalui surat edaran perihal pedoman peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Surat bernomor B.116/Ka.BPIP/05/2019 itu ditandatangani Pelaksana Tugas Kepala BPIP Hariyono.