MALANGTIMES - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, salon-salon kecantikan di Malang mulai kebanjiran order. Lebaran rupanya tidak hanya menjadi momen untuk mempercantik hati. Namun bagi sebagian orang, lebaran juga menjadi momen untuk mempercantik diri agar tampil maksimal lahir batin di hari raya.

Misalnya di salon Paramita Beauty and Spa di Jalan Tumenggung Suryo, Kota Malang yang ramai pengunjung. Jika pada hari biasa rata-rata ada 10 orang yang menjalani perawatan di salon tersebut, maka menjelang lebaran ini jumlah pengunjung bisa naik hingga 50 persen lebih.

"Salon mulai ramai sejak dua minggu sebelum lebaran. Agar tidak antre lama, biasanya pengunjung yang rata-rata merupakan kaum hawa ini harus booking terlebih dahulu," kata Santi Septi Pratiwi, pengelola salon, hari ini (30/5/2019).

Di salon milik Prajnaparamita Vocational School ini, menyediakan layanan perawatan rambut mulai potong rambut, creambath, hair spa, hingga pewarnaan rambut seperti toning dan smoothing. Selain itu, juga ada layanan perawatan kulit dan wajah berupa facial, detoks wajah, setrika wajah, hingga body spa. Juga ada layanan seperti manicure, padicure, nail art, ear candle dan lain-lain.

 "Kalau menjelang lebaran seperti ini, perawatan kulit dan wajah yang paling diminati oleh pelanggan," ungkap Santi.

Untuk menarik minat pelanggannya, salon yang terletak di Jalan Serayu Kota Malang ini memberikan diskon khusus Ramadan. Yakni berupa potongan harga 10 persen untuk perawatan tertentu tanpa syarat. Diskon itu berlaku hingga H-3 lebaran. "Adanya diskon ini membuat pengunjung yang datang untuk melakukan perawatan semakin banyak. Ini juga sebagai strategi promosi kami," ujarnya.

Terkait harga, perawatan di Paramita Beauty Salon and Spa lebih terjangkau dibandingkan dengan salon lain, yakni mulai dari Rp 5 ribu untuk pangkas poni hingga Rp 100 ribu. Sebab salon ini tidak hanya berorientasi pada bisnis kecantikan, namun lebih kepada pembelajaran. Sebab salon ini memang tempat praktik bagi siswi jurusan tata kecantikan.

 "Jadi mayoritas beautician dan kapster merupakan siswi SMK Prajnaparamita. Terkadang guru juga ikut membantu jika pelanggannya banyak," tutur wanita yang juga merupakan guru kecantikan di SMK Prajnaparamita. 

Sementara itu, salah satu pelanggan salon, Wulan Nanda mengakui jika ke salon merupakan salah satu hal yang penting dilakukan wanita menjelang lebaran. Dibandingkan ke mall, wanita berhijab ini mengaku lebih senang ke salon.

 "Di hari raya biar berbeda dengan hari-hari biasa, dengan ke salon penampilan di hari raya akan lebih cantik dan segar," ungkapnya.

Layanan kecantikan lain yang juga mengaku kebanjiran order misalnya Ana Salon di Jalan Grindulu, Kota Malang. Jelang lebaran, banyak perempuan yang menginginkan potongan rambut baru dan juga sentuhan-sentuhan tambahan seperti sulam alis. 

"Banyaknya facial dan potong rambut. Mungkin karena pingin lebaran dengan penampilan baru. Sulam alis juga masih banyak," ujar Rosmaina, pemilik salon.

Tren lain seperti eyelash atau pemasangan bulu mata temporer juga banyak dicari. Bulu mata yang dipasang semi permanen itu bisa bertahan setidaknya dua minggu. Menurut Ana, banyak perempuan yang tak ingin ribet harus memasang bulu mata palsu setiap akan menghadiri acara di hari raya. 

Peningkatan kunjungan di salon itu, biasanya akan semakin naik hingga H-1 lebaran nanti. "Karena banyak yang minta perawatan jadi nambah pegawai sementara sampai dua orang," paparnya.