Surat Izin Mengemudi. (Foto: istimewa)
Surat Izin Mengemudi. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Bagi warga Kota Batu yang ingin mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) pada lebaran mendatang sepertinya harus memperhatikan jadwal ini. Karena selama beberapa hari Polres Batu tidak dapat melayani pengurusan SIM.

Tapi tenang saja, bagi masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis pada saat Pemilu, Polres Batu memberikan kesempatan untuk dapat diurus setelah masa berakhirnya libur lebaran.

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

Pelayanan penerbitan SIM kepada masyarakat libur pada 30 Mei sampai dengan 9 Juni 2019 mendatang. Bagi pemegang SIM yang habis masa berlakunya 30 Mei sampai dengan 9 Juni 2019 mendatang, dapat diperpanjang dengan masa tenggang.

Jadwalnya pada 10 Juni sampai dengan 18 Juni 2019 mendatang dengan mekanisme perpanjangan. “Jadi jadwal ini harus diperhatikan bagi masyarakat yang ingin mengurus SIM agar tidak salah informasi,” kata Kasat Lantas AKP Dyana Suci Listyawati.

Ia menjelaskan bagi pemegang SIM yang tidak melakukan perpanjangan SIM sampai dengan 18 Juni 2019 mendatang, maka diberlakukan penerbitan SIM baru sesuai ketentuan.

“Bagi yang tidak ingin mengurus seperti kepengurusan SIM baru harap benar-benar diperhatikan jadwalnya,” imbuhnya, Kamis (30/5/2019). 

Menurutnya dengan adanya informasi ini agar masyarakat tidak salah. Yang ditakutkan jika warga tersebut datang dari daerah yang cukup jauh seperti Kecamatan Ngantang dan Kasembon.

Baca Juga : Usul Pemakaman Nakes Covid-19 di TMP & Anugerah Bintang Jasa Berujung Bully untuk Ganjar

“Kasihan kalau mereka datang waktu layanan SIM-nya libur. Seperti di Kecamatan Ngantang dan Kasembon itu kan wilayah hukum Polres Batu,” jelas Dyana.

Informasi itu diberikan sekaligus untuk mengingatkan warga Kota Batu bagi yang ingin mengurus pembaruan SIM. Sebab SIM merupakan syarat sejauh mana pengendara memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. 

“Sehingga saya mengimbau bagi yang belum memegang SIM supaya segera mengurus,” tutupnya.