Mulai Naik, Puncak Arus Mudik di Terminal Arjosari Malang Diprediksi 2 Juni

May 30, 2019 12:10
Koordinator Operasional Pos Pantau Pemberangkatan dan Kedatangan Terminal Arjosari Agus Ruskandi saat bertugas. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Koordinator Operasional Pos Pantau Pemberangkatan dan Kedatangan Terminal Arjosari Agus Ruskandi saat bertugas. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Memasuki H-6 Hari Raya Idul Fitri 1440 H, hari ini (30/5/2019) suasana di Terminal Arjosari, Kota Malang, tampak relatif ramai. Meski belum memasuki masa cuti bersama, hari libur nasional bertepatan dengan Hari Kenaikan Isa Almasih membuat sebagian pemudik memilih pulang kampung lebih awal. 
 

Baca Juga : Dosen UM yang Sempat Positif Covid-19, Sudah Diperbolehkan Meninggalkan Rumah Sakit

Koordinator Operasional Pos Pantau Pemberangkatan dan Kedatangan Terminal Arjosari Agus Ruskandi mengatakan bahwa lonjakan penumpang arus mudik Lebaran tahun ini diprediksi mulai terjadi hari ini. "Ini sudah mulai naik ya. Tapi puncaknya nanti diprediksi Minggu,l 2 Juni karena kan pegawai-pegawai sudah mulai cuti bersama," ujarnya. 

Menurut Agus, lonjakan penumpang bisa meningkat dua kali lipat dibandingkan hari normal. "Dalam masa mudik Lebaran, jumlah penumpang sekitar 18 ribu hingga 20 ribu orang. Penumpang bus antarkota dalam provinsi (AKDP) masih mendominasi," tuturnya. 

Para pemudik itu, lanjut dia, akan kembali ke sejumlah daerah di Jawa Timur. Di antaranya Surabaya, Madura, Banyuwangi, Jember, Bojonegoro, Ponorogo, dan Madiun.
 

Baca Juga : Gegara Ahok Diskon BBM untuk Ojol, Said Didu dan Arsul Soni Malah 'Perang' di Twitter

Agus memprediksi bahwa tahun ini kenaikan penumpang akan jauh lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, tiket kereta api yang melayani jalur darat jumlahnya terbatas. Ditambah lagi dengan operasional sejumlah tol yang meningkatkan kelancaran lalu lintas. "Yang selama ini penyebab bus ditinggalkan pemudik itu kan karena kemacetan. Tapi sudah teratasi dengan adanya tol," sebutnya.
 

Saat ini, terdapat sekitar 370 bus yang beroperasi di terminal utama Kota Malang itu. Rinciannya, ada 270 unit bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dan 100 bus antarkota antarprovinsi (AKAP). "Nantinya kalau tidak mencukupi, akan ada penambahan. Bisa dengan menerjunkan bus cadangan atau bus pariwisata," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
MalangBerita Malanghari raya Idul Fitri 1440 HTerminal Arjosari Malangpuncak arus mudik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru