Ilustrasi pemudik di Terminal Arjosari Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Ilustrasi pemudik di Terminal Arjosari Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sudah menjadi tradisi bagi  warga Indonesia untuk melakukan mudik. Bahkan antusiasme ini lebih tinggi dibandingkan dengan pulang kampung pada hari biasa.

Risiko kecelakaan hingga terkena penyakit saat mudik juga kerap menghantui pemudik. Oleh karena itu, menjaga kesehatan itu sangat penting, baik sebelum mudik, saat mudik, maupun saat arus balik.

Kasi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja Dinkes Kota Malang dr Diah Inarsih mengatakan, kesehatan bagi pemudik ataupun pengemudi angkutan umum harus diperhatikan menjelang keberangkatan untuk mudik. "Kalau kesehatannya cukup, mudik akan nyaman dan aman. Pastikan juga meminum vitamin C atau B," ujarnya.

Berikut adalah tips sehat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang bagi para pemudik:

1. Pastikan Memeriksa Kesehatan Terlebih  Sebelum Mudik

Meski merasa sehat, bukan berarti harus mengabaikan kesehatan jelang mudik Lebaran. Apalagi jika memiliki riwayat atau keluhan terhadap penyakit tertentu.

2. Bawa Obat-obatan

Pastikan untuk selalu menyiapkan obat-obatan pribadi yang kira-kira dibutuhkan selama perjalanan maupun di tujuan.

3. Pakai Kendaraan Pribadi atau Angkutan Umum, Pastikan Kondisi Kelayakannya

Kondisi kelayakan kendaraan sangat penting untuk diperhatikan sebelum keberangkatan mudik. Hal ini agar tjdak membahayakan penumpang dan kendaraan lainnya di jalur mudik.

4. Pastikan Istirahat Sejenak

Jangan terlalu memaksakan diri untuk tetap melakukan perjalanan saat mudik. Jika harus istirahat, maka istirahatlah sejenak. Usahakan setiap empat jam sekali untuk beristirahat sejenak bagi kendaraan pribadi seperti mobil atau angkutan umum. Jika memakai kendaraan bermotor, istirahatlah setiap dua jam sekali.

Dan jangan lupa untuk melakukan peregangan selama 10-15 menit saat istirahat berlangsung.

5. Buanglah Sampah ke Tempatnya

Ya, pastikan tidak membuat sampah lebih banyak ketika berada di perjalanan mudik. Bila perlu, bawalah kebutuhan bekal Anda, seperti air minum pribadi. Hal itu juga ubtuk mengurangi penggunaan sampah plastik.