Para petugas Kantor Pos Malang tengah melakukan penyortiran barang kiriman. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Para petugas Kantor Pos Malang tengah melakukan penyortiran barang kiriman. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bisnis toko daring (online shop/olshop) di wilayah Malang Raya terus tumbuh dalam tiga tahun terakhir. Salah satu buktinya adalah dari dominasi jenis paket barang di agen-agen pengiriman seperti Kantor Pos. Bahkan, sekitar 80 persen paket harian yang dikirim atau diterima Kantor Pos Malang merupakan barang dari fashion olshop. 
 

Kepala Kantor Pos Malang Agung Janarjono mengungkapkan bahwa pertumbuhan bisnis olshop membuat jasa pengiriman barang ikut berkembang. "Malang ini salah satu kota yang pertumbuhan bisnis online-nya sangat bagus. Apalagi saat Ramadan hingga Lebaran seperti ini, pembeli online sangat meningkat, terutama produk fashion," paparnya. 

Artinya, momen Hari Raya Idul Fitri tidak hanya membawa berkah bagi para penjual kebutuhan lebaran secara konvensional. Namun, juga menjadi ladang rezeki bagi pengusaha e-commerce atau penjualan online di Kota Malang. Salah satunya kebutuhan berupa fashion.
 

Hal itu terlihat dari meningkatnya jumlah pengiriman barang di Kantor Pos Malang. Setidaknya, pada pertengahan puasa ini, pengiriman barang keluar (outgoing) mengalami pertumbuhan sebesar 30 persen. 

Wakil Kepala Kantor Pos Malang Taufik D. Marala mengatakan, saat ini pengiriman barang memang didominasi kiriman bisnis online.  Menurut dia, hal itu dikarenakan karena mengingat kebutuhan pasar e-commerce terutama permintaan kiriman fashion seperti hijab banyak dikirim lewat pos.

"Tahun lalu, kiriman outgoing bisa mencapai 500-600 item per hari. Tahun ini tumbuh 30 persen," ujarnya. Pertumbuhan itu dilihat dari traffic  beberapa loket yang ada di 48 kecamatan di Malang Raya. 

Dari data tersebut, bisa diartikan jika banyak warga Malang Raya jualan online dan menjadi reseller. "Ngambil dari Jakarta dan jual lagi. Apalagi Malang tidak ada marketplace," jelasnya. Dia menambahkan, pada momen seperti ini, satu reseller bisa mengirim paket sampai 10 item.