Hati-Hati Dua Tanggal Rawan Ini Bisa Bikin ASN Dikenai Sanksi

May 29, 2019 10:04
Ilustrasi tanggal libur dan cuti ASN (Ist)
Ilustrasi tanggal libur dan cuti ASN (Ist)

MALANGTIMES - Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) patut dicatat terkait dua tanggal rawan yang bisa membuatnya terkena sanksi sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Baca Juga : Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Malang, Bakal Dapat Pasokan Makanan Dapur Keliling

Dua tanggal yang terbilang 'hari kejepit' antara libur dan bekerja sehari lantas kembali libur lagi. Tanggal yang memang cukup membuat siapapun menjadi malas untuk meninggalkan rumah menuju kantor.

Kondisi inilah yang kemudian melahirkan warning dari pemerintah. Dimana di dua tanggal tersebut, yaitu 31 Mei dan 1 Juni, seluruh ASN wajib masuk kerja tanpa terkecuali. Larangan bolos dan mengambil cuti di dua hari tersebut juga disampaikan secara terang. Setelah tiga menteri menerbitkan keputusan bersama terkait soal cuti bersama PNS.
“31 Mei itu wajib masuk. Kemudian 1 Juni wajib ikut upacara. Ingat ya enggak boleh bolos. Semua akan diabsen,” tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin.

"Bagi ASN yang bolos akan ada sanksi sesuai PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Dan tidak ada toleransi PNS minta cuti duluan," ujarnya.
Peringatan terhadap ASN tersebut berlaku untuk seluruh lembaga negara dan pemerintah daerah. Dimana diwajibkan di tanggal tersebut masuk kerja sesuai hari normal dan mengikuti upacara hari lahir Pancasila di tanggal 01 Juni. Hal ini dipertegas dengan adanya Keputusan Presiden (Keppres) serta surat edaran perihal pedoman peringatan Hari Lahir Pancasila dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Jadi kita tidak beri toleransi ajuan cuti juga sebelumnya. Cuti ASN sudah diatur dengan SKB tiga menteri (MenPAN-RB, Menaker dan Menag)," ujar Syafruddin.
Dari SKB tiga menteri itu, cuti bersama mulai tanggal 3, 4, dan 7 Juni. Tanggal 5 dan 6 libur lebaran, 8-9 Juni libur Sabtu-Minggu. 'Di luar tanggal itu PNS enggak boleh bolos. Kan sudah dikasih THR satu bulan gaji penuh lengkap dengan tunjangan. Jadi jangan sampai tambah-tambah liburnya,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
MalangBerita MalangAparatur Sipil NegaraPeraturan PemerintahMenteri Pendayagunaan Aparatur NegaraBadan Pembinaan Ideologi PancasilaHari Lahir Pancasila

Berita Lainnya

Berita

Terbaru