Deretan Kapsul Waktu Fenomenal yang Berhasil Ditemukan Manusia

MALANGTIMES - Kapsul waktu hampir menjadi salah satu kebiasaan yang dibuat oleh masyarakat sejak bertahun-tahun lalu. Biasanya, kapsul waktu dibuat sebagai pesan untuk generasi di masa yang akan datang.

Di dunia, penemuan kapsul waktu sering terjadi sejak beberapa tahun terakhir. Barang yang didapat pun menakjubkan dan menyimpan banyak cerita bersejarah. Tapi sayangnya, masih banyak kapsul waktu yang hilang karena dicuri.

Meski begitu, sejak beberapa tahun terakhir telah ditemukan kapsul waktu yang sangat berharga dan bersejarah. Dilansir dari Daftar5, berikut ini deretan kapsul waktu fenomenal yang berhasil ditemukan.

1. Kapsul Waktu Steve Jobs

Ditemukan di Colorado, Amerika Serikat, oleh tim National Geographic yang melakukan penggalian. Kapsul tersebut dikatakan telah dikubur oleh Steve Jobs pada 1983, tepat setelah konferensi internasional yang digelar di Colorado. 

Kapsul waktu tersebut pernah digali pada tahun 2000. Tapi karena landscape di area berubah, maka kapsul waktu beserta isinya hilang.

Kemudian pada 2013, tim National Geographic melanjutkan penggalian tersebut dan berhasil ditemukan. Isi kapsul waktu berukuran 13 kaki itu pun cukup mengejutkan. Sebab, kapsul waktu tersebut berisi mouse dari komputer produksi apple pertama.

Selain itu, ditemukan Lisa, yaitu komputer yang menggunakan nama anak Steve Jobs. Kemudian ada juga Rubic Cube, perekam delapan trek yang salah satunya berisi majalah Forbes terbitan 1983.

Kapsul waktu itu sengaja dikubur dan Steve Jobs yakin jika yang ada di dalamnya berisi barang-barang bersejarah. Bahkan, Jobs waktu itu telah memprediksi jika akan ada tablet dalam perkembangan teknologi berikutnya.


2. Kapsul 220 Tahun

Kapsul waktu berusia 220 tahun ini begitu mengejutkan. Di dalamnya ditemukan koin, dokumen, dan artefak lainnya. Benda bersejarah itu ditinggalkan oleh pendiri negara Amerika Serikat, Samuel Adams dan Paul Rovere.

Barang-barang dalam kapsul itu dikatakan sebagai simbol harapan besar pendiri negara tersebut. Kotak kuningan yang sudah karatan itu kemudian dipindahkan dari bawah fondasi gedung parlemen pada 2015.

Di dalamnya ditemukan sekitar dua lusin uang logam, catatan, dan koran era kolonial. Kapsul tersebut pertama diletakkan pada fondasi gedung pada abad 18 sewaktu memperingati kemerdekaan Amerika yang kedua.

Kapsul waktu itu pertama dibongkar untuk dibersihkan pada 1885 dan dipamerkan. Kemudian ditambah dengan beberapa barang era modern untuk kemudian dimasukkan kembali ke tempat semula.


3. Kapsul 113 Tahun

Kapsul waktu itu ditemukan di kepala patung singa Old State House, Boston, Amerika Serikat. Di dalamnya ditemukan kotak tembaga tertutup yang diperkirakan dari tahun 1901. Keberadaan kapsul waktu itu sempat dilupakan. Hingga akhirnya keturunan pembuat patung melayangkan surat tekait informasi tersebut.

Dikabarkan jika kapsul waktu itu berisi surat kabar lawas hingga daftar kontribusi pejabat, nama pembuat patung, dan juga unicorn. Kapsul waktu dikeluarkan dengan cara mencopot mahkota patung singa berharga itu. Kapsul waktu baru pun dimasukkan dalam kepala singa itu, yang salah satunya berisi medali dalam ajang Boston Marathon 2013.


4. Kapsul Waktu 1915

Kapsul waktu yang ditemukan dua orang mahasiswa di Boston itu berisi berbagai macam barang berharga. Di antaranya adalah artefak dan surat kabar lawas. Kapsul waktu itu ditemukan pada 2002 lalu untuk perluasan lahan kampus saat dilakukan pelebaran. Tapi kapsul waktu tersebut kembali dilupakan.


5. Kapsul 1957

Kapsul waktu tersebut ditemukan sewaktu MIT sedang dalam masa pemugaran. Benda berbentuk kapsul dari bahan kaca itu di dalamnya ditemukan berbagai benda yang sengaja dikubur oleh ilmuan MIT pada 1957. Di antaranya adalah buku yang berisi tentang teknologi yang dikembangkan pada 1957. Tapi menariknya, kapsul waktu itu memiliki pesan yang cukup jelas. "Jangan dibuka sebelum 2957," bunyi keterangan dalam kapsul waktu itu.


6. Kapsul Waktu Skotlandia

Pada 2015 di Skotlandia ditemukan botol wiski di dalam kapsul waktu yang dipercaya berusia 120 tahun. Selain itu juga diyakini banyak ditemukan barang berharga lainnya yang berasal dari tahun 1890 an, seperti koran hingga kertas gulungan. Kapsul waktu itu kemudian diserahkan kepada Museum Hill End Gold, Skotlandia. 

Top