Musim Mudik Lebaran, Dishub Kota Malang Imbau Masyarakat Gunakan Angkutan Umum

May 28, 2019 11:25
Ilustrasi angkutan umum bus yang biasa digunakan untuk mudik lebaran (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Ilustrasi angkutan umum bus yang biasa digunakan untuk mudik lebaran (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Jelang mudik lebaran, berbagai persiapan tentunya telah dipersiapkan. Bagaimana tidak, momen ini setiap tahunnya selalu menyedot perhatian publik maupun pemerintah.

Salah satunya seperti yang tengah dipersiapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang. Mengingat dalam arus mudik tersebut, akan terjadi puncak mobilitas warga dari seluruh wilayah tanah air, pihaknya mengimbau masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum saat mudik lebaran.

"Iya kami mengimbau kepada masyarakat untuk memakai angkutan umum saat mudik. Kita maksimalkan angkutan yang ada ini," ujar Plt Kepala Dishub Kota Malang, Wahyu Setianto.

Upaya tersebut dilakukan untuk menekan tingkat kecelakaan dan kemacetan saat perjalanan mudik berlangsung. "Ini demi keselamatan dan kenyamanan penumpang. Jangan gunakan sepeda motor terlebih jika membawa barang yang banyak. Selain demi kenyamanan juga menghindari kemacetan," imbuhnya.

Bahkan, untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang yang akan pulang kampung menjelang libur Hari Raya Idul Fitri ini pihaknya secara rutin melakukan pengecekan kendaraan pada angkutan umum tersebut.

Mulai dari kelayakan kendaraan, mesin, juga kelengkapan surat kendaraan, KIR, hingga kondisi kesehatan pengemudi.

"Sudah rutin sejak dua minggu yang lalu kita melakukan pengecekan rutin. Kita sudah mengumpulkan pengusaha angkutan untuk mengimbau mereka agar selalu melakukan kontrol terhadap kendaraan yang dimiliki disamping kita cek ke lapangan langsung," pungkas dia.

Topik
MalangBerita MalangAngkutan UmumDinas Perhubungan Kota MalangHari Raya Idul FitriPemerintah Kota Malangangkutan mudik lebaran

Berita Lainnya

Berita

Terbaru