Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Dr Purnadi (Foto : Dokumen MalangTIMES)
Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Dr Purnadi (Foto : Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Kabupaten Malang mulai melirik potensi pendapatan pajak hiburan saat memasuki lebaran. Iya, momen hari kemenangan yang identik dengan liburan ini membuat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang dipimpin Dr Purnadi ini, optimis bisa meraup pendapatan mencapai Rp 4 miliar. 

“Hingga bulan juni mendatang, target kami di sektor pendapatan pajak hiburan bakal memperoleh minimal Rp 4 miliar,” kata Dr Purnadi selaku Kepala Bapenda Kabupaten Malang kepada malangtimes.com.

Dari target tersebut, lanjut Dr Purnadi, berdasarkan catatan terbaru yang dihimpun Bapenda Kabupaten Malang terhitung hingga bulan April lalu, pendapatan daerah dari sektor pajak hiburan sudah meraup pendapatan mencapai lebih dari 34 persen. “Sementara ini, kami sudah memperoleh pendapatan Rp 2,7 miliar dari sektor pajak hiburan,” sambung Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang ini.

Sebagai informasi, target di tahun 2019, memang mengalami peningkatan di sektor pajak hiburan. Sebab, pada tahun 2018 lalu, target pajak hiburan hanya Rp 7.293.000.000. Sedangkan di tahun ini, targetnya meningkat hingga Rp 7.865.000.000.

Jika bercermin di tahun 2018, Bapenda Kabupaten Malang, optimis bakal melebihi dari target yang ditentukan. Sebab, tahun lalu bapenda mengantongi pendapatan hingga Rp 8.246.729.404, atau mengalami surplus hingga lebih dari 13 persen.

“Jika di pertengahan tahun (bulan juni) kami bisa memperoleh Rp 4 miliar saja maka, di akhir tahun 2019 kami sudah bisa surplus. Minimal tahun ini pendapatan pajak hiburan bakal memperoleh Rp 8 miliar. Jumlah tersebut sudah melebihi target yang hanya Rp 7,8 miliar,” tutup mantan kepala Dinas Perhubungan ini.