Taman Alun-alun Tugu, salah satu taman yang bakal terus mendapatkan perawatan dari petugas meski saat suasana liburan (Disperkim)
Taman Alun-alun Tugu, salah satu taman yang bakal terus mendapatkan perawatan dari petugas meski saat suasana liburan (Disperkim)

MALANGTIMES - Hari Raya Idul Fitri membuat sebagian besar orang bisa menikmati libur panjang. Namun tidak demikian bagi para pegawai atau staf Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang libur. 

Pasalnya, para petugas ,utamanya di Bidang Pertamanan, bakal tetap masuk untuk bergantian piket.

Hal tersebut, dikarenakan sebagai upaya dalam merawat taman-taman yang ada di Kota Malang, agar tetap indah, asri dan terjaga. Hal tersebut, dibenarkan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan, Kuncahyani.

Ditemui MalangTIMES di Kantor Disperkim Kota Malang, pihaknya mengatakan, jika beberapa petugas nantinya tidak libur pada saat lebaran. Mereka akan masuk secara bergantian untuk tetap melakukan perawatan taman, seperti penyiraman, kebersihan taman maupun keamanan taman.

"Ya petugas piket, nanti kalau tanaman di taman nggak disiram kan bisa mati, jika itu terjadi, maka tentu akan memerlukan waktu lama jika harus menanam kembali," ungkapnya.

Lanjutnya, untuk jadwal piket perawatan taman, saat ini masih belum ditetapkan jadwal, namun yang jelas, pihaknya berkomitmen untuk tetap menjaga keasrian, keindahan taman-taman di Kota Malang agar terus semakin tumbuh dan semakin indah dan nyaman untuk dikunjungi.

"Setidaknya penyiraman dilakukan dua kali sehari, agar tanaman bisa tetap segar. Sehingga keindahan taman Kota Malang tetap terjaga, masyarakatpun semakin nyaman untuk mengunjungi taman," bebernya.

Selain perawatan taman, petugas juga siap siaga saat dibutuhkan manakala ada pohon tumbang, maupun peremepesan pohon yang membahayakan. 

Sementara itu, menyambut lebaran yang akan segera tiba, pihak Disperkim Kota Malang, juga tengah melakukan pembenahan di kawasan taman Chairil Anwar.

Taman tersebut, nampaknya juga akan menjadi taman favorit warga Malang dengan keindahan serta icon patung Chairil Anwar yang merupakan seorang legenda penulis puisi.